Rekomendasi Wisata Galabo Kuliner Malam Solo

Salah satu kota yang sering menjadi destinasi wisata selain Yogyakarta adalah Solo. Solo atau Surakarta sering menjadi pilihan berlibur karena suasana kotanya yang asri dan penuh dengan sejarah. Kalau kamu ada rencana pergi ke Solo, ada satu rekomendasi wisata ke Galabo kuliner malam Solo. Penasaran apa saja yang dijual disana? Berikut ulasannya untuk kamu.

5 Rekomendasi Galabo Kuliner Malam Solo

Berlibur ke suatu tempat rasanya tidak lengkap apabila mencoba wisata kulinernya. Salah satu kota yang sering menjadi destinasi wisata adalah Solo. Solo juga tidak kalah soal wisata kuliner malamnyya. Ada Galabo kuliner malam Solo yang siap memanjakan lidah dan juga perut kamu.

Membahas tentang kuliner malam Solo di Galabo, sebenarnya apa itu Galabo? Galabo sebenarnya bukanlah nama daerah sebenarnya, melainkan hanya sebuah singkatan. Galabo memiliki kepanjangan yakni Gladag Langen Bogan yang terletak di Jalan Kapten Mulyadi, Desa Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Hampir sama dengan festival makanan yang biasa diadakan di Ibu Kota, kuliner malam di Galabo juga menyajikan berbagai jenis makanan mulai dari yang ringan, hingga yang paling berat.

Berikut adalah beberapa rekomendasi menu Galabo kuliner malam Solo yang wajib kamu cicipi.

Baca Juga : Kuliner Legendaris Jakarta Selatan Yang Wajib Dikunjungi!

  • Kuliner Malam Solo Tengkleng Klewer Bu Edi

Sebelum berkunjung ke Galabo, sebaiknya kamu sudah menyiapkan perut kamu benar-benar kosong. Karena kamu harus mencicipi banyak makanan yang lezat yang tidak akan kamu lupakan. Salah satunya adalah Tengkleng Klewer Bu Edi ini.

Tengkleng merupakan hidangan khas Jawa Tengah yang biasanya berbahan dasar kaki kambing. Kaki kambing ini kemudian dimasak menggunakan kuah santan yang sudah dibumbui dengan berbagai macam rempah-rempah. Cita rasa gurih dan juga kuah yang beraroma rempah sangat menggugah selera.

  • Sate Kere Yu Rebi

Sajian kuliner lezat khas Solo lainnya yang ada di Galabo adalah sate kere Yu Rebi. Jika biasanya sate menggunakan daging ayam, kambing, atau bahkan daging sapi, kali ini sate kere menggunakan ampas tempe sebagai bahan utamanya. Hal inilah yang membuat sate ini dipanggil sate ‘kere’. Dalam bahasa Jawa, ‘kere’ berarti miskin atau tidak punya uang. 

Karena dahulu masyarakat biasa sangat jarang bisa mengonsumsi daging, maka sate kere dijadikan pilihan untuk menggantikan sate daging. Sate kere dibakar menggunakan bumbu bacem dan juga dihidangkan dengan sambal kecap yang pedas.

  • Rawon Penjara

Kuliner yang bisa memanjakan lidah kamu berikutnya adalah Rawon Penjara. Sesuai dengan namanya, Rawon Penjara dijual di dekat Penjara Kota Solo yang terletak di jalan Slamet Riyadi. Rawon ini bisa dibilang sangat legendaris karena sudah didirikan sejak tahun 1970. Bagi kamu yang ingin mencicipi rawon, kamu bisa datang ke Galabo di stand Rawon Penjara.

Semua rekomendasi kuliner yang disebutkan di atas adalah beberapa makanan yang menjadi favorit presiden kita, yakni Bapak Joko Widodo. Seperti Tengkleng Bu Edi, adalah salah satu makanan wajib bagi Pak Jokowi ketika berkunjung ke Solo. Selain itu Sate Kere Yu Rebi merupakan salah satu makanan favorit anak presiden yakni Gibran Rakabuming.

Alasan lain mengapa Galabo menjadi pusat kuliner dan juga sering menjadi destinasi para wisatawan yakni karena kuliner yang dijual disana memiliki harga yang snagat terjangkau. Kamu tidak perlu khawatir, di sekitar Galabo juga banyak terdapat beberapa penginapan dengan beberapa range harga.

Nah sekian dahulu ya pembahasan mengenai kuliner malam di Galabo. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk berkunjung kesana?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top