Penyebab dan Cara Herbal Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri

Setelah berpuasa sebulan penuh, tentu saja Anda harus beradaptasi dengan pola makan saat ini. Bahkan selama lebaran, banyaknya makanan yang dikonsumsi bisa saja mengakibatkan beberapa masalah di perut. Salah satunya adalah sakit perut sebelah kiri. 

Banyak sekali indikasi yang memicu perut sebelah kiri Anda bermasalah. Tidak hanya dipengaruhi oleh makanan, masalah perut di sebelah kiri bisa saja muncul karena pengaruh lain. Untuk itu silahkan kenali lebih dulu apa saja penyebabnya berikut ini.

Beberapa Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Timbulnya sakit perut sebelah kiri memang berkaitan dengan sejumlah organ yang ada dibagian sisi perut kiri Anda. Selama ini sejumlah penyakit dalam bisa saja memberikan indikasi nyeri di bagian perut sebelah kiri. Inilah sejumlah gangguan kesehatan yang mungkin Anda derita.

  • Radang Usus Besar

Bagi pria dan wanita, masalah nyeri di perut sebelah kiri bisa saja ditimbulkan karena adanya radang di usus besar. Bukan hanya itu saja, biasanya diawali dengan gejala mudah lelah, diare, dan penurunan berat badan.

  • Penyakit Ginjal

Adanya indikasi penyakit ginjal juga muncul dengan gejala nyeri di perut sebelah kiri. Meski terkadang juga muncul di perut sebelah kanan, namun nyeri paling kuat memang ada di sebelah kiri. Biasanya ada masalah batu ginjal sehingga mengakibatkan sakit saat buang air kecil.

Baca Juga : 7 Mаnfааt Blueberry untuk Kecantikan уаng Wаjіb Dіkеtаhuі

  • Hernia

Kemudian penyebab berikutnya adalah indikasi penyakit hernia. Sakit akan terasa hebat saat seseorang mengangkat beban berat, tertawa, batuk dan membungkuk.

  • Kista Ovarium

Indikasi penyakit berikutnya adalah kista ovarium. Sakit ini diakibatkan adanya kantong yang ada cairannya dan membesar di area ovarium perempuan. Meski terkadang hilang namun jika kambuh akan terasa nyeri di perut sebelah kiri.

  • Angina

Angina merupakan salah satu penyakit yang ada kaitannya dengan masalah jantung. Hal ini tidak boleh disepelekan karena sangat membahayakan. Biasanya indikasi awal penyakit ini adalah munculnya nyeri di perut sebelah kiri yang tidak kunjung hilang.

Jika Anda alergi obat atau tidak ingin terlalu banyak mengkonsumsi obat, untuk meringankan gejala dan sakit perut sebelah kiri berikut ini ada sejumlah obat herbal yang bisa Anda minum.

Cara Mengobati Dengan Obat Herbal 

Jika sudah tidak nyaman pada perut sebelah kiri Anda, maka tidak salahnya jika segera mengatasinya dengan obat. Inilah beberapa obat herbal yang akan membantu meredakannya.

  • Daun Mint

Dalam sebuah penelitian, daun mint dianggap bisa dijadikan obat untuk mengatasi masalah pencernaan. Dimana kandungan yang ada di daun mint mampu menghilangkan gas yang ada dilambung, nyeri perut dan diare. Jika Anda tidak ingin memakannya mentah, bisa mengkonsumsinya setengah matang.

Jika ingin lebih banyak mendapatkan manfaatnya, silahkan rebus daun mint bersama kapulaga. Silahkan minum airnya sampai nyeri di perut sembuh.

  • Jahe

Gangguan pencernaan dan nyeri di perut sebelah kiri juga bisa diredakan dengan minum seduhan jahe. Didalam jahe terdapat senyawa shogaols dan gingerol yang akan mengurangi masalah ketika ada kontraksi dibagian perut. Gangguan perut pun akan semakin cepat reda.

Jahe juga salah satu bahan alami yang bisa dijadikan minuman penghilang mual, diare dan muntah. Jika bisa mengolahnya, silahkan campurkan jahe di makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

  • Lidah Buaya

Bukan hanya bagus untuk kulit wajah dan kesehatan rambut, ternyata lidah buaya juga bagus untuk membantu mengurangi nyeri perut. Kandungan antiradang di tumbuhan lidah buaya akan menjadikan solusi masalah di sistem pencernaan Anda.

Itulah beberapa penyebab dan obat herbal yang bisa digunakan untuk meredakan sakit perut sebelah kiri. Jika sakit berlanjut silahkan konsultasikan dengan dokter terdekat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top