Rekomendasi Oleh Oleh Khas Solo Yang Wajib Dibeli

Berkunjung ke Kota Solo rasanya tidak lengkap apabila tidak membelikan keluarga maupun rekan kita oleh oleh khas Solo. Salah satu kota di Jawa Tengah ini memang terkenal banyak sekali wisata kuliner dan juga wisata bersejarah. Nah jika kamu sedang berkunjung Solo, ini dia beberapa rekomendasi oleh-oleh dari Solo.

5 Oleh Oleh Khas Solo 

Oleh oleh rasanya menjadi hal wajib kita beli ketika kita berkunjung ke suatu tempat. Bisa jadi makanan maupun pernak pernik. Biasanya oleh-oleh diberikan untuk diri sendiri, keluarga maupun teman-teman terdekat.

Apabila kamu memiliki rencana atau sedang pergi ke Solo, simak dulu ya pembahasan mengenai rekomendasi oleh oleh khas Solo berikut ini.

Serabi Solo Notosuman

 

SERABI NOTOSUMAN, KUE WARISAN LELUHUR

Serabi atau biasa dikenal dengan surabi adalah kudapan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras dan campuran santan. Jika kita mengenal serabi dikonsumsi menggunakan kuah atau siraman saus gula, berbeda dengan serabi Solo.

Hampir mirip pancake, serabi Solo disajikan tanpa kuah melainkan topping yang berbeda-beda. Salah satu serabi yang terkenal di Solo adalah Serabi Notosuman. Makanan ini selalu menjadi buruan oleh-oleh para wisatawan sebelum kembali ke kampung halaman.

Bukan tanpa alasan, serabi Notosuman memiliki rasa yang sangat gurih dan juga tekstur ycu   yang lumer di dalamnya. Makanan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena kelezatannya.

Ampyang

Resep Ampyang Kacang Jahe, Camilan Manis yang Bikin Nagih

Ampyang adalah camilan yang banyak kita temukan di Jawa Tengah. Makanan ini memiliki rasa manis dan gurih dalam satu gigitan. Ampyang terbuat dari kacang yang dicampur dengan gula merah dan jahe. Makanan ini berbentuk seperti kepingan cookies.

Baca Juga : Potensi Risiko Pengumuman Figur Cawapres 2024 yang Terlalu Awal

Ampyang sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena makanan ini sangat awet. Jika kamu berkunjung ke Solo jangan lupa membeli makanan ini ya. Ampyang juga sangat cocok disajikan sebagai teman minum teh atau kopi.

Bakpia Balong

Bakpia BALONG MINI SERIES Rasa CHOCO LAVA - BAKPIA BALONG SOLO - Oleh Oleh  Khas Solo | Lazada Indonesia

 

Kota Solo juga memiliki bakpia sendiri yang tak kalah enak dengan bakpia Jogja. Bakpia Balong bisa menjadi pilihan oleh-oleh dari Solo untuk kamu berikan ke orang-orang terdekat mu. Meskipun mirip, Bakpia Balong memiliki rasa yang lebih otentik daripada Bakpia Jogja.

Perbedaannya dengan bakpia Jogja yakni ukurannya yang cukup signifikan. Jika dalam satu kotak Bakpia Jogja berisi 20 biji, Bakpia Balong hanya berisi 5 buah saja. Ukurannya memang besar namun tekstur Bakpia Balong ini lebih lembut.

Bakpia Balong tersedia dalam 3 rasa. Seperti kacang hitam, ketan, dan yang paling sering dibeli atau best seller adalah rasa coklat.

Abon Mesran Solo

Jual Sae Abon Sapi Khas Solo Kemasan Kertas 250gr di Seller Oleh-oleh  Tiyang Solo - Gajahan, Kota Surakarta (Solo) | Blibli

 

Setelah membahas camilan-camilan yang memiliki cita rasa manis, saatnya kita membahas oleh-oleh yang gurih dari Solo. Abon Mesran Solo juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk keluarga kamu.

Terbuat dari daging sapi asli, Abon Mesran Solo ini memiliki rasa otentik. Abon Mesran termasuk legend di Solo. Tersedia dalam dua rasa yakni abon manis dan abon pedas. Keduanya tentunya sangat cocok dikonsumsi bersama nasi hangat.

Untuk mendapatkan satu bungkus Abon Mesran Solo kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Satu porsi Abon Mesran Solo ini dihargai dengan 35 ribu rupiah untuk 250 gram abon.

Baju Batik Solo

Kain Batik Solo Produksi Pabrik Kainbatikbagus – Produsen Kain Batik

Bukan pergi ke Solo namanya jika tidak membawa oleh-oleh berupa batik. Solo memang terkenal dengan batiknya dan harga pakaian di Solo termasuk terjangkau. Biasanya wisatawan mengunjungi Pasar Klewer atau Pasar Gede untuk berburu batik murah.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top