Makanan Khas Suku Batak Yang Harus Kamu Coba

KOMANDANNEWS.COM – Siapa sangka ternyata makanan khas suku Batak juga memiliki rasa yang lezat. Indonesia terkenal dengan berbagai macam kuliner khasnya, termasuk dari Batak. Apa saja makanan khas Batak yang lezat dan rekomen? Simak pembahasannya berikut ini.

Rekomendasi Makanan Khas Suku Batak

Makanan Batak memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan makanan khas daerah lain. Makanan khas Suku Batak umumnya menggunakan rempah yang bernama andaliman. Andaliman biasa juga disebut “Merica Batak”. Bumbu inilah yang membuat masyarakat Batak bang akan kelezatan kulinernya.

Namun perlu di ketahui bahwa masyarakat Batak kebanyakan beragama Kristen atau Katolik. Hal ini tentunya mempengaruhi budaya kuliner mereka. Beberapa masakan khas Batak menggunakan daging babi maupun daging hewan lain yang tidak lazim bagi orang Muslim. Namun jangan khawatir, banyak juga hidangan khas Batak lain yang lezat dan pastinya halal.

  • Lepet

Kudapan yang berasal dari Batak ini hampir mirip dengan makanan dari Jawa Timur bernama iwel-iwel. Hanya saja di Batak makanan ini disebut dengan Lepet. Lepet merupakan makanan yang terbuat dari beras atau tepung beras yang dibungkus menggunakan daun pisang. Beras maupun tepung beras dicampur dengan parutan kelapa lalu diisi dengan gula merah maupun gula aren, lalu dikukus.

Baca Juga : Rekomendasi Menu Sarapan Terbaik Dalam Kuliner Pagi Jakarta!

Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan manis sehingga sangat cocok dijadikan camilan. Lepet cocok dikonsumsi sebagai teman minum teh maupun minum kopi. Rasa manis legitnya berpadu sempurna dengan rasa kopi yang pait.

  • Sira Pege

Jika di Jepang kita biasa mengenal Sashimi atau hidangan ikan mentah, di Indonesia juga terdapat hidangan mentah yang berasal dari Suku Batak. Makanan ini bernama Sira Pege. Sira Pege merupakan makanan yang mencampurkan ikan mentah dengan campuran bumbu garam dan jahe.

Cara menyantap makanan ini adalah, daging ikan dikunyah terlebih dahulu, lalu kemudian makan bumbu jahe beserta bawang-bawangan di dalamnya. Rasa segar jahe, cuka, dan juga ikan bercampur sempurna dan cocok dimakan bersama dengan nasi hangat.

  • Mie Gomak

Salah satu hidangan khas Batak yang menggunakan andaliman adalah Mie Gomak. Seperti hidangan mie ayam, Mie Gomak juga menggunakan siraman bumbu diatas mie nya. Rasa pedas dari andaliman sangat dominan dalam hidangan ini.

Jika kamu penikmat kuliner dengan bahan dasar mie, kamu harus mencoba hidangan mie gomak ini. Akan tidak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Sumatera Barat namun tidak mencicipi kelezatan dari Mie Gomak ini.

  • Saksang

Siapa yang pernah mendengar kuliner khas Batak yang satu ini? Bagi masyarakat yang menganut agama non Muslim, pasti sudah familiar dengan hidangan Saksang ini. Saksang merupakan makanan khas Batak yang terbuat dari daging perut babi.

Hidangan Saksang ini menggunakan bumbu andaliman yang khas sehingga membuat rasanya begitu pedas. Namun jangan khawatir, karena rasa pedas Saksang masih bisa di toleransi sehingga menambah kenikmatan. Apabila kamu berkunjung ke Sumatera Barat, kamu wajib mengonsumsi makanan ini.

  • Tanggo-tanggo

Mirip dengan Saksang, Tanggo-tanggo juga merupakan hidangan yang menggunakan daging babi. Namun Tanggo-tanggo tidak menggunakan bumbu andaliman sehingga untuk kamu yang tidak suka makanan pedas bisa mengonsumsi makanan satu ini.

Tanggo-tanggo merupakan sajian berupa daging babi yang digoreng kemudian dihidangkan menggunakan kaldu. Makanan ini memiliki cita rasa yang snagat gurih, dan cocok dimakan dengan nasi. Selain daging babi, biasanya Tanggo-tanggo juga dibuat menggunakan daging anjing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top