Makanan Khas Banjar Selain Soto

Makanan Khas Banjar Selain Soto yang Tidak Kalah Lezat

KOMANDANNEWS.COMMakanan khas Banjar tidak hanya sebatas Soto Banjar saja. Meskipun makanan ini sangat terkenal ke seluruh penjuru Indonesia, namun ternyata Banjar menyimpan banyak kuliner lain yang tidak kalah lezatnya. Penasaran? Simak pembahasannya berikut ini ya.

5 Makanan Khas Banjar yang Tidak Kalah Saing

Siapa disini yang suka dengan Soto Banjar? Cita rasa gurih dan segar ditambah dengan perasan jeruk limau sangat menggoyang lidah. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Banjarmasin tidak menikmati makanan khasnya.

Namun makanan Banjarmasin yang lezat bukan hanya Soto Banjar saja loh. Masih banyak lagi makanan yang harus kamu eksplor. Tanpa berbasa basi lagi, yuk simak Makanan Khas Banjar Selain Soto  yang tidak kalah saing lezatnya.

  • Ketupat Kandangan

Hampir sama dengan makanan ketupar sayur, ketupat kandangan juga menggunakan lauk sebagai pelengkap. Nama Kandangan sendiri bukanlah nama lauk, melainkan hidangan satu ini berasal dari Kota Kandangan yang merupakan tempat tinggal etnis Banjar.

Hidangan ketupat Kandangan biasanya dilengkapi lauk berupa haruan. Haruan adalah hidangan yang berbahan dasar ikan gabus. Biasanya makanan ini disantap menggunakan kepala, bagian dalam, atau ekor dari ikan haruan. –Makanan Khas Banjar Selain Soto

Ikan haruan ini dimasak dengan cara dibakar. Ketupat Kandangan lezat disantap hanya menggunakan tangan dan tidak dengan sendok. Daging ikan di remas dan dicampur dengan ketupat untuk menghasilkan rasa yang gurih.

  • Lontong Orari

Jika kamu suka makanan dengan porsi yang besar, kamu bisa menikmato hidangan Lontong Orari ini. Makanan Lontong Orari dibuat seperti ketupat namun ukurannya bisa dua kali lipat lebih besar dengan lontong pada umumnya. Hampir sama dengan hidangan lontong sayur, makanan ini juga dihidangkan dengan pelengkap sayur.

Makanan khas Banjar berupa ketupat maupun lontong biasanya diberi lauk pelengkap seperti haruan dan ikan lainnya. Namun jika kamu tidak terlalu suka ikan, biasanya juga tersedia telur bebek, ayam goreng maupun bebek goreng untuk melengkapi kelezatannya.

  • Amparan Tatak

Sudah puas dengan makanan gurih dan juga makanan berat lainnya, saatnya kamu mencicipi kudapan khas Kalimantan Selatan berikut ini. Amparan Tatak merupakan kudapan berupa kue yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula, dan ditambah dengan pisang.

Mungkin di Jawa hidangan ini bisa disebut dengan apem. Kue Amparan Tatak memiliki cita rasa manis dan juga gurih. Sangat cocok disantap sebagai dessert maupun kudapan bersama kopi atau the.

  • Dodol Kandangan

Bingung makanan Banjar apa yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh? Dodol Kadangan bisa menjadi jawaban atas kebingungan kamu. Dodol Kandangan adalah camilan yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula merah maupun gula aren.

Makanan satu ini memiliki cita rasa yang legit, kenyal, dan juga harum aroma gula aren. Tidak perlu bingung, karena makanan ini dijual disepanjang jalan Kota Kandangan, sehingga kamu tidak akan susah menemukannya.

  • Garang Asam Banjar

Tidak kalah dengan soto, makanan satu ini juga memiliki rasa yang gurih namun segar. Garang asam Banjar adalah makanan Banjar berikutnya yang wajib kamu coba. Seperti makanan Kalimantan Selatan pada umumnya, garang asam Banjar juga menggunakan bahan dasar ikan gabus atau ikan patin.

Siang-siang makan garang asam Banjar pasti snagat nikmat dan juga segar. Ciri khas garang asam Banjar adalah kuahnya yang berwarna kuning dan juga menggunakan daging ikan. 

Baca Juga : Rekomendasi Game Online PC Terbaik 2023 Gratis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top