Kulit Kepala Mengelupas: Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Tidak hanya kulit wajah dan badan saja, namun kulit kepala juga perlu diperhatikan. Tempat tumbuhnya akar rambut juga perlu perawatan, agar nantinya rambut kita menjadi lebih indah dan sehat. Kulit kepala mengelupas adalah salah satu permasalahan pada kulit kepala yang harus kita ketahui penyebab dan cara mengatasinya. Temukan jawaban selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Kulit Kepala Mengelupas

Gatal pada kulit kepala memang sangat mengganggu. Apalagi jika terkena terik sinar matahari, kulit kepala akan terasa sangat gatal dan menimbulkan bau tidak sedap. Kulit kepala mengelupas bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah beberapa hal yang bisa membuat kulit kepala kamu mengelupas.

  • Terpapar bahan kimia

Kulit kepala normalnya memiliki mekanisme untuk menjaga kelebapannya sendiri. Caranya yakni dengan mengeluarkan minyak alami kulit atau sebum. Namun terkadang sebum yang sudah bercampur dengan polusi dan juga terkena sinar matahari akan membuat kepala menjadi tidak nyaman. Keramas merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan rasa gatal dan rasa tidak nyaman.

Baca Juga : Manfaat Masker Bengkoang Dan Cara Membuatnya

Namun beberapa merk shampoo memiliki kandungan SLS (soudium laureth sulfate) yang cukup tinggi. Terlalu sering keramas akan membuat kulit kepala banyak menyerap SLS, hal inilah yang bisa membuat kulit kepala menjadi kering. Kulit kepala yang terlalu kering inilah yang menimbulkan rasa gatal, apabila sering digaruk akan membuat kulit kepala mengelupas.

  • Ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang sering dialami oleh banyak orang. Masalah kulit kepala yang mengelupas seringnya disebabkan oleh ketombe ini. Munculnya ketombe bisa dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kulit kepala kering, atau disebabkan oleh jamur Malassezia yang terlalu banyak.

Jamur ini menyebabkan sel-sel kulit kepala lebih cepat berganti daripada biasanya. Namun sekarang sudah banyak shampoo yang bisa membantu menghilangkan ketombe. Gunakan shampoo yang mengandung zinc pyrithione, asam salisilat, selenium sulfide, dan juga tar.

  • Dermatitis

Dermatitis merupakan masalah kulit yang bisa disebabkan karena iritasi maupun jamur. Jenis dermatitis dapat dibedakan menjadi dua, yakni dermatitis kontak dan dermatitis seboroik. Dermatitis kontak terjadi karena kulit yang iritasi terhadap zat iritan tertentu. Seperti iritasi terhadap shampoo, atau produk untuk rambut yang lainnya.

Sedangkan dermatitis seboroik disebabkan karena adanya infeksi jamur Malassezia yang bisa membuat iritasi kemerahan pada sekitar kulit kepala. Penanganan paling pertama saat terkena iritasi adalah dengan menghindari zat iritan hingga kulit normal kembali. 

  • Psoriasis

Psoriasis merupakan suatu kondisi yang membuat kulit menjadi lebih cepat menebal, kering dan bersisik. Tak jarang juga setelahnya kulit akan mudah mengelupas. Penyebabnya hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun pada beberapa kasus, psoriasis disebabkan karena gangguan imun tubuh.

Cara menangani psoriasis dilihat dari tingkat keparahannya. Apabila masih ringan, bisa diobati dengan cara keramas menggunakan shampoo yang mengandung asam salisilat maupun tar. Sedangkan pada psosiaris parah, bisa dilakukan pemeriksaan ke dokter dan dilakukan pengobatan lebih lanjut seperti terapi. 

  • Kurap kulit kepala

Kurap kulit kepala merupakan kondisi ketika kulit kepala terasa sangat gatal, dan timbul luka iritasi pada area yang gatal. Tidak jarang area yang teriritasi ini mengalami kebotakan. Kurap kulit kepala disebabkan oleh kontak langsung dengan penderita kurap. Caranya biasanya dnegan salig bertukar sisir atau alat styling rambut lainnya.

Cara Menangani Kulit Kepala Mengelupas

Kulit kepala mengelupas menyebabkan rasa yang sangat tidak nyaman berupa gatal dan bahkan perih. Ada beberapa cara untuk menangani kulit kepala yang mengelupas seperti di bawah ini.

  • Kurangi menggaruk kulit kepala yang terasa gatal. Apabila gatal lakukan pendinginan pada kulit kepala seperti dikipas atau masuk ke ruangan yang ber-ac
  • Kurangi mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi. Biasanya iritasi yang menyebabkan gatal akan mudah bereaksi terhadap protein
  • Konsultasikan kepada dokter apabila dirasa pengelupasan mulai mengalami iritasi parah

Penyakit kulit kepala yang mengelupas bisa menyerang siapa saja. Ada beberapa cara untuk menghindari pengelupasan pada kulit kepala. 

  • Hindari penggunaan bahan kimia keras pada rambut. Bahan kimia yang biasa terkandung dalam produk perawatan rambut yakni SLS, paraben, atau alkohol
  • Jangan terlalu sering keramas. Lakukan 2 hingga 3 kali saja dalam seminggu agar kulit kepala tidak kering
  • Lindungi kepala dengan penutup kepala agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Pakailah topi, paying, atau scarft
  • Hindari menggunakan alat perawatan rambut secara bergantian.
  • Atur pola makan menjadi lebih sehat. Karena makan makanan yang sehat seperti buah dan sayur juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut kamu

Sekian dahulu pembahasan mengenai penyebab kulit kepala mengelupas dan juga cara penanganannya. Tetap jaga kesehatan kulit kepala kamu dengan beberapa cara di atas ya. selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top