Manfaat Masker Bengkoang Dan Cara Membuatnya

Bengkoang merupakan salah satu buah yang sering kita jumpai untuk dibuat makanan. Namun bengkoang ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Menggunakan bengkoang untuk perawatan kulit, bisa membuat kulit menjadi lebih cerah. Apa lagi Manfaat Masker Bengkoang? Simak jawabannya berikut ini.

Manfaat Masker Bengkoang

Bengkoang memang terlihat tidak menarik diantara buah-buahan yang lain. Warnanya yang pucat dan bentuknya yang mirip umbi ini sering disepelekan. Namun bengkoang ternyata menyimpan segudang manfaat apabila digunakan untuk perawatan kulit.

Bukan rahasia lagi jika bengkoang sering dijadikan bahan kosmetik wajah. Ekstrak bengkoang sering dijadikan sebagai skincare untuk mencerahkan kulit wajah. Siapa sangka, buah yang memiliki warna putih ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Baca Juga : Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Dalam 1 Hari

Ingin tahu apa saja manfaat bengkoang untuk kulit? Berikut adalah informasi manfaat dari masker bengkoang.

  • Manfaat Masker Bengkoang – Menyejukkan kulit

Bengkoang termasuk salah satu buah yang memiliki kandungan air alami yang cukup banyak. Masker bengkoang memiliki efek soothing atau menyejukkan ketika digunakan. Jika kamu sedang mengalami masalah peradangan kulit karena jerawat, atau terkena sinar matahari yang menyengat, masker dari bengkoang ini sangat cocok kamu gunakan untuk mendinginkan kulit.

Efek setelah menggunakan masker bengkoang, kulit akan terasa lebih sejuk dan juga kenyal. Menggunakan masker dari bengkoang juga bisa membuat kamu merasa lebih rileks.

  • Mancegah penuaan dini

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari masker buah bengkoang adalah, mencegah penuaan dini. Tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam atau kerutan halus di wajah akan dipudarkan jika kamu rutin menggunakan masker dari bengkoang ini. 

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah bengkoang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam. Selain itu buah bengkoang ternyata juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam kulit kita. Buah bengkoang juga mengandung isoflavone yang membantu memudarkan kerutan halus di wajah.

  • Menghilangkan jerawat

Selain sangat cocok untuk mendinginkan dan menyejukkan wajah yang sedang meradang, ternyata buah bengkoang juga mampu berfungsi untuk menghilangkan jerawat bahkan hingga bekas-bekasnya. Kandungan pada bengkoang yang memiliki sifat antioksidan dan mendinginkan bisa membantu meredakan jerawat yang sedang merah-merah dan meradang.

Vitamin C yang ada pada buah bengkoang juga ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Jadi jangan ragu lagi gunakan masker bengkoang saat wajah kamu sedang breakout ya.

  • Mengangkat sel kulit mati

Bengkoang juga sangat baik digunakan sebagai exfoliator. Bengkoang ternyata mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat muka menjadi lebih kasar dan kusam. Gunakan scrub bengkoang 2 minggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar kulit kamu selalu lebih sehat dan pori-pori mengecil.

Jangan lupa lanjutkan dengan rangkaian skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu, untuk menjaga kelembapan dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

  • Mencerahkan wajah

Sudah bukan hal yang diragukan lagi apabila masker dari bengkoang sangat ampuh untuk mencerahkan wajah. Bahkan hasilnya sudah bisa langsung terlihat sesaat setelah menggunakan maskernya. Kulit pun juga tampak lebih kenyal, sehat, dan juga halus.

Tentu saja hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C yang ada pada bengkoang cukup tinggi. Kamu juga bisa menggunakan masker dari bengkoang ini untuk seluruh tubuh kamu.

Cara Membuat Masker Bengkoang

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari masker buah bengkoang, sudah bukan waktunya lagi kamu meragukan hebatnya manfaat bengkoang ini. Kamu bisa membuat masker dari bengkoang sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, simak penjelasannya berikut ini.

  • Siapkan 2 hingga 3 buah bengkoang, kupas, lalu potong menjadi 4 bagian
  • Haluskan bengkoang dengan cara diparut maupun blender 
  • Jika kamu memilih menggunakan blender, pastikan kamu tidak menggunakan terlalu banyak air
  • Setelah dihaluskan, peras bengkoang dan ambil saja airnya 
  • Diamkan air perasan bengkoang selama 6 hingga 12 jam. Biarkan mengendap
  • Jika air perasan sudah berubah menjadi bening, buang airnya lalu ambil endapannya
  • Endapan dari air bengkoang inilah yang bisa kamu gunakan sebagai masker

Bagaimana? Mudah bukan membuat masker bengkoang sendiri di rumah. Kamu juga bisa menambahkan masker bengkoang yang sudah kamu buat dengan air mawar. Gunanya agar masker yang kamu gunakan memiliki aroma lebih segar dan juga lebih sejuk.

Cara penggunaan masker yang sudah kamu buah tentunya sangat mudah. Oleskan endapan air bengkoang di wajah kamu menggunakan kuas. Ratakan hingga menutup area wajah. Diamkan selama 15 hingga 20 menit atau sampai mengering.

Jika dirasa sudah cukup kering dan kencang, bilas perlahan menggunakan air dingin. Usap wajah kamu menggunakan handuk microfiber agar tetap halus. Nah sekarang manfaat masker bengkoang buatan sendiri sudah bisa langsung kamu dapatkan. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top