Kenali Alat Musik Tradisional Jawa dan Cara Mainnya

Kenali Alat Musik Tradisional Jawa dan Cara Mainnya

KOMANDANNEWS.COM – Generasi muda, ayo kenali alat musik tradisional Jawa dan cara mainnya agar budaya kita tetap lestari hingga anak cucu nanti. Sebagai generasi muda Indonesia yang memiliki beragam macam budaya, kita sebaiknya mengenali dan mempelajari musik tradisional dari daerah masing-masing.

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas. Banyaknya suku bangsa yang ada, membuat Indonesia kaya akan budaya dan bahasa. Salah satu kebudayaan yang harus dilestarikan adalah keseniannya.

Sebelum membahas tentang alat musik Jawa dan cara memainkannya, yuk kita bahas dahulu apa saja kesenian yang berasal dari Jawa.

Budaya kesenian Jawa yang harus dilestarikan

Jawa memang syarat akan budayanya. Mulai dari bahasa nya yang memiliki tingkatan tertentu, hingga jenis musiknya. Nah sebagai generasi muda yang berasal dari suku Jawa, kamu harus mengenali beberapa kesenian budaya yang berasal dari Jawa.

Apa saja kira-kira kesenian dari Jawa yang terkenal di Indonesia? 

    • Gamelan

Gamelan merupakan satu set peralatan musik yang mengiringi segala macam kesenian dari Jawa. Biasanya gamelan digunakan untuk mengiringi tarian, ketoprak, ludruk, atau bahkan musik karawitan. Sedangkan karawitan merupakan seni musik dari Jawa yang menggunakan gamelan.

  • Ludruk

Ludruk adalah kesenian pementasan drama yang berasal dari Jawa Timur. Biasanya ludruk menceritakan tentang kehidupan sehari-hari atau tentang kisah kepahlawanan. Tidak jarang juga ludruk disertai dengan lawakan-lawakan lucu pemainnya. Pemeran ludruk dari Jawa Timur yang terkenal hingga sekarang adalah Kartolo, yang pernah bermain film bersama Bayu Skak di Yowis Ben.

  • Tarian 

Kesenian tari dari Jawa memiliki beberapa macam. Seni tari dari Jawa Tengah dan Jawa Timur memiliki gerakan dan irama yang berbeda. Salah satu tarian yang terkenal dari Jawa Tengah adalah Gambyong.

Tari Gambyong merupakan tarian yang digunakan sebagai pembuka atau sambutan. Tari Gambyong memiliki irama yang sangat lemah lembut. Sedangkan dari Jawa Timur gerakan tarinya enerjik dan musiknya pun meriah. Salah satu tari Jawa Timur yang terkenal adalah Remo.

Baca juga : Negara Paling Murah Berlibur di Asia

Jenis alat musik tradisional Jawa dan cara mainnya

Memiliki warna musik yang khas, gamelan sering dikombinasikan dengan musik pop atau bahkan EDM dan menghasilkan musik kontemporer. Ketenaran musik gamelan meluas hingga ke mancanegara. Banyak turis dari mancanegara yang penasaran dan bahkan tinggal lebih lama di Indonesia untuk mempelajari beberapa alat musik Jawa.

Nah sebagai generasi muda asli Indonesia, sebaiknya kita juga mempelajari alat musik tradisional. Karena tidak ada yang bisa kita wariskan kepada anak cucu kita nanti selain kebudayaan. Masa kita harus kalah dengan bangsa lain yang lebih tertarik untuk mempelajari gamelan?

Berikut beberapa alat musik dari Jawa dan cara memainkannya.

  • Bonang

Alat musik bonang ini memiliki dua jenis, yaitu bonang barung dan bonang penerus. Kedua jenis ini memiliki nada yang berbeda apabila dimainkan. Bonang barung memiliki nada suara menengah hingga tinggi, biasanya binang barung dimainkan pada pemuka ansambel. Sedangkan bonang penerus memiliki nada suara dengan oktaf yang tinggi. 

Cara memainkan alat musik bonang adalah dengan cara dipukul. Alat pukulnya pun dilapisi dengan kain agar menghasilkan suara yang merdu dan tidak nyaring. 

  • Kendang

Salah satu komponen musik gamekan yang paling penting adalah kendang. Kendang atau gendang adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan di dua sisinya. Kendang sangat penting dalam mengatur irama dan ketukan musik.

  • Suling

Suling adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik suling tidak hanya digunakan dalam kesenian yang berasal dari Jawa Tengah atau Jawa Timur. Namun alat musik ini juga sangat erat dengan kesenian musik Sunda atau Jawa Barat.

Nah itu dia beberapa alat musik tradisional Jawa dan cara mainnya. Ayo kita lestarikan kebudayaan kita agar tidak dicuri oleh negara lain ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top