Cara Mengobati Alergi Dingin untuk Anak

Alergi dapat muncul karena beberapa faktor, mulai dari debu sampai makanan. Bahkan, banyak juga ibu yang belum tahu jika alergi anak juga bisa disebabkan suhu atau udara yang dingin. Biasanya, gejala awal alergi dingin menyebabkan anak mengalami ruam dan gatal-gatal. Selain itu, bengkak pada mulut juga dapat muncul apabila anak mengonsumsi sesuatu yang dingin. Tapi jangan khawatir, kami akan membagikan cara mengobati alergi dingin untuk anak di ulasan berikut ini!

Walaupun terlihat sepele, namun alergi dingin tidak boleh diabaikan. Pasalnya hal ini bisa menyebabkan resiko lebih bahaya apabila tidak segera diobati.

Beberapa Cara Mengobati Alergi Dingin pada Anak

Daripada cemas berkelanjutan, ibu bisa mengikuti sederet petunjuk cepat agar bisa mencegah alergi dingin yang menyerang si buah hati. Beberapa jenis obat yang dapat ibu gunakan diantaranya adalah:

  • Antagonis Leukotrien

Leukotrien adalah zat yang ikut berperan untuk memicu terjadinya serangan asma dan alergi. Walaupun obat ini umum dipakai untuk penderita asma, namun antagonis leukotrin bisa juga diberikan bagi anak yang mengalami alergi dingin.

  • Antihistamin

Antihistamin adalah obat yang biasanya dipakai guna meredakan tanda-tanda alergi, salah satunya alergi terhadap udara dingin. Obat satu ini akan bekerja mencegah zat histamin yang mampu membuat reaksi alergi pada tubuh. Beberapa obat yang masuk dalam kategori antihistamin seperti descloratadine, cetirizine, loratadine, dan chlorpheniramine.

  • Kortikosteroid

Obat ini akan bekerja seperti menekan sistem imun tubuh sehingga akan mengurangi tanda-tanda kemunculan alergi. Biasanya kortikosteroid diberikan hanya dengan waktu yang singkat, pasalnya penggunaan jangka panjang bisa memicu terjadinya efek samping berat, misalnya daya tahan melemah, pengeroposan tulang, hingga glaukoma.

  • Antidepresan

Cara mengobati alergi dingin pada anak selanjutnya adalah menggunakan obat antidepresan. Umumnya obat ini diberikan pada mereka yang mengalami depresi dan masalah kecemasan. Tapi, dalam kasus alergi suhu dingin yang belum kunjung membaik memakai pengobatan lain, maka antidepresan bisa juga diberikan guna membantu mengatasi gejala alergi.

  • Bedak Kocok Calamine

Bedak kocok ini bisa dipakai agar bisa mencegah rasa kurang nyaman yang dikarenakan alergi dingin. Untuk memakainya, ibu hanya tinggal mengoleskan obat calamine di kulit yang terkena cuaca dingin.

Pemakaian obat-obatan supaya bisa meredakan tanda-tanda alergi harus disesuaikan kondisi anak, indikasi medis yang dikeluarkan dokter, dan tingkat keparahan yang terjadi.

  • Bawa ke Rumah Sakit Jika Dibutuhkan

Anak bisa memunculkan reaksi alergi dingin dengan lumayan parah. Dilansir DermsNet, kondisi semacam ini dapat menyebabkan hal fatal unutk kesehatan apabila anak terkena anafilaksis. Anafilaksis ditandai dengan perut terasa nyeri, sulit bernapas, dan jantung berdebar.

Apabila ini terjadi, segeralah untuk membawanya ke rumah sakit. Biasanya dokter akan memberi antihistamin dosis tinggi dengan cara disuntik.

Tips Mencegah Alergi Dingin Anak

Beberapa tindakan yang dapat ibu lakukan supaya dapat mencegah terjadinya alergi dingin anak diantaranya adalah:

  • Tidak memberikan anak makanan atau minuman dingin.
  • Jauhkan anak dari benda atau udara yang memiliki suhu dingin.
  • Pastikan anak memakai baju tebal serta pelindung lainnya seperti syal, sarung tangan, serta kaus kaki, sebelum anak melakukan sejumlah aktivitas saat cuaca dingin.
  • Mengonsumsi obat yang sesuai dengan resep dokter.
  • Apabila anak akan berenang, masukkan kaki atau tangan ke kolam lebih dulu, kemudian tunggu sebentar untuk bisa melihat apakah timbul reaksi alergi atau tidak.

Baca Juga : Rekomendasi Terbaik Tempat Makan di Moi

Demikian beberapa cara mengobati alergi dingin pada anak yang bisa ibu lakukan. Jika tanda-tanda alergi dingin anak kerap muncul, langkah yang paling tepat adalah segera membawanya ke dokter supaya mendapatkan penanganan terbaik. Semoga bermanfaat! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top