4 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Jitu

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

KOMANDANNEWS.COM – Kesehatan memang menjadi penunjang terbaik ketika bersilaturahmi. Apalagi kondisi tubuh yang fit akan memudahkan Anda sekeluarga bisa menikmati moment berharga ini setiap tahunnya. Tapi jika sedang sakit tentunya aktivitas pasti terhambat, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat jika Anda memang mengalaminya.

Jangan sampai masalah hidung tersumbar dibiarkan terlalu lama. Apalagi hingga hidung mampet yang akan menggangu pernafasan Anda. Jika tidak ingin pergi ke dokter dan ingin melakukan pengobatan dirumah inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Beberapa Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Salah satu penyebab hidung tersumbat adalah indikasi terkena paparan virus influenza. Jika sudah sampai tahapan flu berat maka Anda memang harus instirahat total. Jadi silahkan segera mengatasi masalah ini supaya tidak sampai batuk dan pilek. Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat yang sangat jitu bisa Anda coba, berikut ini penjelasannya.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Herbal Mengobati Sakit Perut Sebelah Kiri

  • Konsumsi Air Putih yang Banyak

Untuk mengurangi kekentalan lendir yang ada di hidung maka sebaiknya Anda mengkonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya. Dengan banyak mengkonsumsi air putih maka lendir didalam hidung tidak akan menutupi rongga hidung secara berlebihan, nafas Anda pun akan semakin lebih lega.

Namun disarankan bukan air putih biasa, lebih baik minum air putih yang hangat menurut anjuran dokter. Karena dengan suhu hangat inilah kekentalan lendir akan berkurang. Namun jika minum air dingin, lendir akan semakin lebih sulit untuk mencair.

  • Menghirup Uap Air Hangat

Berikutnya cara mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menghirup uap air hangat. Cara ini sangat praktis sekali dilakukan dirumah. Silahkan mengambil air hangat dan taruh di wadah yang lebih lebar. Jika perlu silahkan tetesi air dengan minyak kayu putih agar ada aromanya.

Kemudian silahkan perlahan menghirup uap air yang ada diwadah dengan perlahan. Dengan campuran minyak kayu putih inilah maka saluran pernafasan akan semakin lebih lega. Jika ingin bahan alami bisa memakai bawang putih karena memiliki bahan ampuh yang bisa membunuh bakteri yang ada di saluran pernafasan.

  • Mandi Air Hangat

Untuk meredakan dan mengatasi hidung tersumbat, Anda juga harus mandi memakai air hangat. Hal ini akan menyetabilkan kondisi suhu tubuh Anda secara menyeluruh. Saat mandi memakai air hangat, lendir didalam hidung akan mudah mencair dan Anda juga akan semakin mudah untuk mengeluarkannya.

Kemudian untuk membantu membunuh bakteri silahkan mandi memakai sabun antibakteri. Kandungan sabun juga akan mengurangi peradangan yang ada di saluran pernafasan. Dijamin dengan mandi air hangat secara teratur maka masalah hidung tersumbat akan semakin cepat berkurang.

  • Konsumsi Obat

Kemudian untuk meredakan hidung tersumbat Anda juga bisa mengkonsumsi obat. Banyak obat yang bisa dibeli di apotik terdekat. Silahkan mencari obat dengan kandungan Dekongestan karena akan membantu Anda mengurangi peradangan yang ada di rongga hidung. Jika ingin dosis akurat silahkan pilih Dekongestan nasal.

Jenis obat selanjutnya adalah mengkonsumsi obat antihistamin. Obat dengan kandungan ini akan membantu Anda dalam mengatasi masalah hidung mampet karena adanya indikasi bakteri. Namun ada efek samping dari obat jenis ini, yaitu timbulnya rasa kantuk setelah dikonsumsi.

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda lakukan dirumah. Jangan langsung ke dokter jika memang masalah hidung tersumbat masih bisa diredakan dengan sejumlah cara sederhana. Asalkan mengatur pola makan dan minum, maka masalah ini tidak akan menghampiri Anda. Selamat mencobanya dirumah!

Post Comment