Taman Kuliner Wonosari Gunung Kidul

Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki keindahan alam luar biasa. Banyak pantai dan juga gunung yang sering dijadikan destinasi wisata saat berkunjung ke Yogyakarta. namun jangan salah, Gunung Kidul juga memiliki destinasi wisata kuliner yang harus kamu coba yakni Taman Kuliner Wonosari.

Taman Kuliner Wonosari

Bagi wisatawan yang menyukai pantai, pasti sudah tidak asing lagi dengan Kabupaten Gunung Kidul. Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten yang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah. Tidak lengkap rasanya apabila saat berlibur ke Jogja tidak mengunjungi Gunung Kidul.

Selain wisata pantainya yang mempesona, ternyata Gunung Kidul juga memiliki destinasi wisata lainnya yakni wisata kuliner di Wonosari. Jadi kamu tidak perlu khawatir, karena keramaian pusat kota Gunung Kidul juga tidak kalah menarik dengan Yogyakarta.

Berikut adalah beberapa menu yang ada di Taman Kuliner Wonosari.

 

  • Soto Bathok

Bagi masyarakat Indonesia, soto adalah salah satu menu yang paling familiar. Namun sensasi makan soto menggunakan bathok atau tempurung kelapa hanya bisa kamu temukan di Wonosari. Jika kamu berkunjung ke Tamkul Wonosari jangan lupa untuk mencicipi soto bathok nya.

Baca Juga : 9 Tempat Makan Di BSD yang Hits dan Instagramable

Harga satu porsi soto bathok di Wonosari sangat terjangkau. Selain itu juga disediakan banyak lauk pauk pendamping makan soto yang bisa kamu pilih sendiri. Makan soto yang diletakkan dalam bathok akan memberikan aroma yang khas dan juga lebih otentik.

  • Sate kambing

Selain soto, juga ada hidangan lain yang tidak kalah menggugah selera. Daerah Yogyakarta maupun sekitarnya sangat terkenal dengan sate-sate daging nya. Salah satu hidangan yang juga wajib kamu coba ketika di Gunung Kidul adalah sate kambing.

Menu sate kambing ini juga bisa kamu jumpai di Tamkul Wonosari. Jangan heran jika banyak yang antri, karena memang kelezatan makanan ini sudah tidak diragukan lagi. Apalagi jika satu porsi sate kambing ditemani dengan gule kambing yang hangat dan berempah.

  • Sambel mentah

Indonesia terkenal dengan hidangan sambalnya yang bermacam-macam. Di Wonosari juga ada satu warung tenda yang menjual makanan penyetan (pecel lele jika di Jawa Barat) dengan sambal mentah sebagai pelengkapnya. Sesuai dengan namanya, sambel mentah dibuat dari bahan-bahan sambal berupa bawang putih, bawang merah, cabai, tomat yang masih mentah. 

Sambal mentah memiliki rasa pedas, gurih, dan segar karena bahan-bahannya tidak dimasak terlebih dahulu. Apabila kamu makan penyetan dengan sambal mentah, jangan lupa menambahkan banyak lalapan agar rasa makanan menjadi lebih nikmat.

  • Sate ayam madura

Tidak hanya kuliner khas Gunung Kidul saja, di Tamkul Wonosari juga menjual berbagai makanan dari seluruh Indonesia. Salah satu menu terkenal di Indonesia yakni Sate Madura juga tersedia disini. Kamu bisa menikmati sate ayam dengan bumbu kuning khas Madura sambil menikmati dinginnya udara Gunung Kidul.

  • Bakso Bakar

Salah satu jajanan yang wajib untuk dicoba saat menikmati malam di Tamkul Wonosari adalah bakso bakarnya. Bakso bakar di Wonosari sedikit berbeda dengan bakso bakar pada umumnya. Di Wonosari bakso bakar disajikan dengan bentuk berupa sate. Selanjutnya sate bakso dibakar menggunakan bumbu pedas manis atau pedas gurih. 

Semua makanan yang ada di Taman Kuliner Wonosari dijual dengan harga yang relative terjangkau, jadi kamu tidak perlu khawatir kantong kamu akan jebol disana. Tamkul Wonosari buka mulai sore hari hingga larut malam, jadi tidak perlu terburu-buru untuk datang kesana untuk menikmati berbagai hidangan yang menggugah selera.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top