Rekomendasi Tempat Wisata di Dekat Malioboro

Rekomendasi Tempat Wisata di Dekat Malioboro. Tempat wisata di dekat Malioboro merupakan hal yang paling memikat dari kota Yogyakarta. Pusat kota ini juga selalu dipadati oleh wisatawan lokal atau turis asing. Destinasi wisata di area Malioboro juga mencakup beberapa sektor, misalnya sejarah, fashion, hingga kuliner.

Sebenarnya Malioboro merupakan nama jalan yang sudah dibangun semenjak tahun 1750 dan masih berdiri kokoh sampai saat ini. Letaknya yang sangat strategis membuat tempat ini semakin hari semakin ramai, bahkan menjadi salah satu destinasi wisata.

Rekomendasi Tempat Wisata di Dekat Malioboro

Salah satu faktor kenapa kamu wajib liburan di Malioboro ialah jalan ini cukup dekat dengan beberapa spot wisata keren yang ada di Yogyakarta. Penasaran dimana saja tempat wisata ini? Berikut sudah kami rangkum untuk kamu semua. Simak sampai habis, ya!

  1. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah pasar paling lama yang ada di kota Yogyakarta. Kamu bisa menemukan berbagai macam batik, t-shirt, sampai souvenir yang dapat kamu peroleh sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Apabila masuk ke dalam, kamu bakal menemukan berbagai jajanan pasar yang bisa membuat kamu kangen dengan tempat ini. Diantaranya seperti pecel, es dawet, berbagai jenis baceman, gado-gado, jamu, atau jajanan pasar lain. politik

  1. Museum Benteng Vredeburg

Sangat dekat dengan Pasar Beringharjo, tempat wisata di dekat Malioboro berikutnya adalah Museum Benteng Vredeburg. Ini merupakan museum lama yang sarat akan sejarah.

Dulu kala, museum tersebut difungsikan untuk penjara bagi pejuang Indonesia yang sekarang beralih fungsi menjadi museum. Selain sebagai peninggalan sejarah era kolonial Belanda, Museum Benteng Vredeburg kini bersolek sebagai tempat menarik untuk mengambil foto.

  1. Tugu Pal Putih

Monumen Tugu Yogyakarta atau Tugu Pal Putih berjarak 2 hingga 3km dari Jl. Malioboro. Dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit, umumnya wisatawan yang mampir kesini hanya sekedar berfoto atau nongkrong di angkringan.

Tugu Pal Putih memiliki warna putih yang memiliki nilai simbolis serta jadi bangunan yang menghubungkan antara Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta, Panggun Krapyak, dan Pantai Parangtritis.

  1. Taman Sari

Tempat wisata di dekat Malioboro selanjutnya adalah Taman Sari. Lokasi ini memerlukan waktu sekitar 10 menit dari Malioboro dengan berkendara. Taman Sari merupakan reruntuhan taman air serta pemandian yang berada di barat daya keraton. Dulunya taman ini disebut-sebut menjadi area mandi untuk putri kerajaan.

  1. Taman Pintar

Nah, bagi kamu yang mengikutsertakan anak-anak ketika berkunjung ke Yogyakarta harus membawanya ke salah satu spot wisata satu ini. 

Taman Pintar, merupakan taman pembelajaran dengan berbagai tempat belajar teknologi, sejarah, flora serta fauna. Mulai Wahana Bahari, Ruang Planetarium, Gedung Oval, Gedung Kotak, dan Area Perpustakaan.

Baca Juga : Cakra Khan Mengikuti Acara America’s Got Talent

  1. Titik Nol Kilometer

Area ini juga menjadi kawasan yang dapat kamu temukan dengan jalan kaki dari Jl. Malioboro. Sebagai lokasi yang sangat dekat dengan Malioboro, Titik Nol Kilometer juga memiliki suasana yang nyaris serupa. Tapi bedanya adalah di tempat ini seringkali menunjukkan seni tari, live musik, dan berbagai hiburan lain.

Tidak hanya itu saja, banyak juga para wisatawan yang kerap mengabadikan momen mereka dengan berfoto di area ini lantaran mempunyai latar bangunan bersejarah, yaitu Gedung Bank Indonesia.

Itulah tadi sederet rekomendasi tempat wisata di dekat Malioboro yang wajib kamu kunjungi. Ternyata ada banyak spot menarik yang bisa didatangi, pasalnya Malioboro memang mempunyai lokasi yang strategis. Jika berencana untuk liburan ke Yogyakarta untuk menghabiskan weekend, maka beberapa tempat di atas wajib dimasukkan dalam bucket list. Terima kasih!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top