Site icon Berita hari ini

PDIP Gelar Rakernas IV Jelang Pemilu 2024!

PDIP Gelar Rakernas IV Jelang Pemilu 2024!

PDIP Gelar Rakernas IV Jelang Pemilu 2024! – Belum lama ini, beredar kabar yang mengumumkan tepat pada tanggal 29 September 2023 mendatang akan digunakan sebagai agenda kegiatan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP untuk menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

Dalam rangka Rakernas IV PDI Perjuangan ini menjadi sebuah agenda bertajuk Kedaulatan untuk Kesejahteraan Rakyat. Hasto Kristiyanto sebagai selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDP menjelaskan bahwa Rakernas ini menjadi salah satu bagian dari konsolidasi setelah pengumuman resmi beberapa nama calon legislatif (caleg) akan akan bersaing dalam Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 mendatang.

Bahkan, Hasto mengungkapkan bahwa pergerakan yang dilakukan menggunakan sistem door to door, maka dari itu dalam satu setengah bulan belakangan ini seluruh caleg telah mengetahui peta pada setiap daerah pemilihannya.

Dalam rangka memperingati hari tani ini, Hasto menambahkan bahwa agenda ini sesuai dengan Undang-Undang Pokok Agraria yang menjadikan agenda Rakernas ini terlaksana menggunakan tema keadulatan untuk kesejahteraan rakyat dengan maksud untuk memberitahukan bahwa pangan ini mempunyai peran yang sangat penting terkait dengan hak hidup rakyat.

Hasto sendiri menilai Rakernas ini sendiri pada hari pertama akan digunakan untuk membicarakan mengenai pangan, pemberdayaan petani, serta memaksimalkan adanya peran teknologi  sebagai salah satu upaya menggunakan teknologi lebih tepat untuk meningkatkan produksi serta kepentingan petani dalam operasional.

Begitu juga dengan adanya agenda tersebut nantinya akan dijadikan sebagai forum pemenangan untuk Ganjar Pranowo yang akan maju sebagai bakal calon presiden (bacapres) dari  Partai PDIP dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga : Ganjar ”Rеbоund”, Aра Penyebabnya?

Hasto mengungkapkan terkait dengan Rapat Kerja Nasional IV yang akan diadakan PDI Perjuangan ini nanti akan berlangsung di JiExpo Kemayoran. Bahkan, Hasto mengungkapkan bahwa rencana pengadaan Rakernas ini sudah cukup lama karena memang PDI Perjuangan selalu memiliki berbagai agenda setiap lima tahun sekali.

Meski begitu, Hasto menambahkan bahwa dalam Rakernas IV PDI Perjuangan ini bukan menjadi forum akhir cawapres untuk Ganjar Pranowo. Hal itu dikarenakan untuk masalah akhir terkait cawapres menjadi kewenangan dari Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan.

Penentuan tanggal 29 september tersebut berakhir setelah mengetahui bahwa pada tanggal 28 September bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad. Maka dari itu, agenda PDI Perjuangan untuk melaksanakan agenda rutin lima tahunan tersebut akan digelar pada tanggal 29 September yang mengangkat tema kesejahteraan rakyat.

Digunakan Untuk Pembekalan Caleg dan Capres

Selain digunakan untuk mengadakan rapat internal, ternyata dalam agenda Rakernas IV PDI Perjuangan ini nantinya juga akan digunakan untuk melakukan pembekalan terkait calon legislatif hingga calon presiden yang akan maju dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pembahasan tersebut akan digelar saat Rakernas berjalan di hari kedua yang akan memberikan berbagai pembekalan terhadap para caleg dan capres. Hasto menjelaskan pembekalan tersebut dinilai sangat penting untuk mengetahui wilayah politik di daerahnya masing-masing. 

Selain mengetahui wilayah politik, pembekalan tersebut juga akan memberikan sejumlah strategi untuk memberikan hasil terbaik kepada Ganjar Pranowo selaku bakal calon presiden yang akan maju dari PDI Perjuangan.

Selain itu, memasuki hari ketiga saat Rakernas tersebut akan digunakan sebagai rekomendasi hasil rakernas yang berlangsung di lokasi acara. Meski susunan acara sudah beredar, tetapi Hasto menyebutkan bahwa penggondokan nama calon wakil presiden yang akan maju mendampingi Ganjar Pranowo masih dalam proses penelusuran oleh Megawati Soekarnoputri.

Hasto mengungkapkan setiap harinya ketua umum PDIP tersebut terus melakukan pertimbangan untuk mencari pendamping yang tepat untuk menjadi wakil dari Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden 2024. 

Hal tersebut telah disampaikan langsung oleh Hasto setelah mendapatkan pertanyaan mengenai hasil akhir dari cawapres Ganjar Pranowo dalam Rapat Kerja Nasional IV PDI Perjuangan. Hasto menyebut bahwa saat ini Megawati telah berkontemplasi demi menemukan pendamping yang paling tepat untuk menjadi wakil dari Ganjar Pranowo.

Bahkan, menurut Hasto, kontemplasi yang telah dilakukan oleh Megawati ini salah satu caranya dengan meminta arahan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Berbagai Peringatan Dalam Rakernas IV PDI Perjuangan

Dalam Rakernas IV PDI Perjuangan yang menggunakan Tema Membangun Kedaulatan dan Kesejahteraan Rakyat ini, Hasto memberitahukan alasan mengapa menggelar agenda tersebut tepat pada tanggal 29 September 2023.

Hasto menyebutkan mengadakan Rakernas tanggal 29 tersebut digunakan untuk merayakan hari Tani yang jatuh pada tanggal 24 September. Selain itu, Hasto menyebutkan bahwa selain untuk mengadakan rapat internal besar-besaran dan merayakan hari Tani, Rakernas IV PDI Perjuangan ini juga akan digunakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad yang jatuh pada tanggal 28 September atau tepat sehari sebelum Rakernas berlangsung.

Maka dari itu, Hasto menambahkan bahwa dalam Rakernas IV PDI Perjuangan ini akan mengajak seluruh kader partai untuk dapat menghadiri agenda besar tersebut.

Exit mobile version