Mahfud MD Hadiri Forum Diskusi Pemilu

Mahfud MD Hadiri Forum Diskusi Pemilu  Sebut Pemilu Sebagai Pencegah Orang Jahat Jadi Wakil Rakyat Forum Diskusi Pemilu! Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat memilih calon pemimpin negara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan lebih cerdas.

Mahfud MD Hadiri Forum Diskusi Pemilu

Mahfud MD Hadiri Forum Diskusi Pemilu

Diketahui sebelumnya, Mahfud MD Hadiri Forum Diskusi Pemilu yang bertajuk ‘Keberagaman Menjadi Kekuatan Mewujudkan Pemilu Bermartabat yang diadakan secara daring melalui akun Youtube resmi Kemenko Polhukam pada tanggal 13 September 2023 kemarin.

Mahfud MD terlihat menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih cerdas dalam menentukan calon pemimpin Negara untuk lebih baik lagi. Tak hanya itu, Mahfud MD meminta kepada masyarakat untuk dapat lebih bijak memilih calon presiden yang dapat mendengarkan aspirasi yang diberikan oleh rakyat.

Mahfud menyadari bahwa memang masih belum ada calon pemimpin yang benar-benar terbaik di seluruh dunia. Akan tetapi, ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk memilih calon pemimpin dengan tingkat kejelekan paling rendah.

Baca Juga : PDIP Gelar Rakernas IV Jelang Pemilu 2024!

Ia menambahkan bahwa dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ini nanti harus dapat digelar bukan karena untuk mendapatkan pemimpin Negara yang ideal. Tetapi juga pemilu ini dapat berjalan dengan baik untuk mencegah adanya orang jahat yang maju sebagai pemimpin Bangsa.

Untuk itu, Mahfud MD menjelaskan berbagai proses demokrasi itu harus menunjukkan sejumlah orang yang memiliki berbagai nilai kebaikan. Tak hanya itu, setiap calon wakil rakyat harus siap untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik lagi setiap tahun.

Mahfud MD mengajak kepada seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi mahasiswa, dan seluruh peserta yang hadir dalam forum diskusi pemilu ini untuk mengambil peran masing-masing dalam menjalankan proses demokrasi berupa Pemilu 2024 agar dapat berjalan dengan baik dan menggunakan hak pilihnya, menggunakan keilmuannya, menggunakan ketokohannya.  Dengan begitu, Pemilu 2024 ini dapat lebih bermartabat dan dapat berlangsung dengan lancar. 

Pria yang dulunya sempat menduduki kursi DPR RI Komisi III itu meminta kepada seluruh pihak agar membangun kesadaran bahwa Pemilu 2024 ini akan menjadi salah satu momentum untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat yang sadar dengan berbaga pihak dan kewajibannya sebagai Warga Negara Indonesia. 

Maka dari itu, peran Elite Politik ini dinilai sangat dibutuhkan guna membangun Pemilu yang lebih baik dan damai.

Tokoh-Tokoh yang Hadir Dalam Forum Diskusi Pemilu

Selain Mahfud MD selaku Menko Polhukam yang menghadiri acara Forum Diskusi Pemilu ini, terdapat beberapa tokoh lain yang hadir baik sebagai tamu ataupun narasumber, seperti Ahmad Muzani selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Hasto Kristiyanto yang merupakan Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan alias PDIP, Aboe Bakar Alhabsyi selaku Sekjen PKS, serta Prof. Ali Safaat yang saat ini menjadi Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Brawijaya.

Tak hanya itu, terlihat juga Teguh Pudjo Rumekso selaku Letjen TNI, Dr Sugeng Purnomo selaku Deputi Bidang Koordinasi Penegakan Hukum dan Ham, Irjen Pol Rudolf Albert Rodja selaku Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Arief Mustofa yang merupakan Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi dan Aparatur Marsda TNI, serta beberapa jajaran staf khusus Menko Polhukam.

Saat seluruh tamu undangan sudah hadir, Mahfud MD meminta kepada seluruh peserta atau tamu yang hadir serta seluruh masyarakat Indonesia untuk menyadari saat adanya politik identitas. Hal itu dikarenakan, mereka menilai bahwa memanfaatkan situasi ini untuk polarisasi dengan politik identitas demi mendapatkan kekuasaan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Mahfud MD untuk mengetahui lebih dalam tentang politik identitas. Karena, politik identitas dan identitas politik merupakan dua hal yang berbeda. Dimana, identitas politik adalah label politik yang mengikat pada seorang tokoh atau aktor politik.

Dengan begitu, nantinya hanya akan lebih memperjuangkan kepentingan pribadi atau kelompoknya dibandingkan dengan Bangsa. Tak hanya itu, ia juga berharap kepada masyarakat untuk dapat menilai calon pemimpin Bangsa yang baik dan dapat mendengarkan berbagai aspirasi yang dikeluarkan oleh rakyat. 

Maka dari itu, Mahfud MD menjelaskan bahwa dalam Pemilu 2024 mendatang dibutuhkan kedewasaan serta kematangan setiap individu untuk berpolitik supaya proses demokrasi setiap lima tahunan yang penuh dengan keberagaman ini dapat berjalan dengan baik, lancer, demokratis, dan bermartabat.

Disamping itu, Ahmad Muzami yang juga menghadiri acara tersebut sebagai narasumber menyampaikan bahwa politik identitas ini akan terlihat saat identitas yang bersangkutan terancam ketika akan mencapai kemenangan. Maka dari itu, ia menyampaikan secara langsung kepada tim pemenang ke bawah supaya program ini dapat diterima dan dijalankan untuk semua pihak.

Selain itu, Aboe Bakar Alhabsyi menekankan bahwa seluruh pimpinan baik kelompok maupun bangsa untuk dapat membangun dan memberikan suasana yang sejuk. Dengan begitu, Sekjen PKS tersebut meyakini bahwa gelaran Pemilu 2024 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Post Comment