5 Ide Makanan Penutup Paling Ramai Peminat di Indonesia

5 Ide Makanan Penutup Paling Ramai Peminat

di Indonesia

KOMANDANNEWS.COM – Banyak sekali ide makanan penutup yang ramai disukai di Indonesia. Untuk itu Anda harus mengenal beberapa diantaranya pasti bisa menggugah selera! Berbagai menu ini tentunya sangat cocok untuk anda konsumsi baik saat siang hari ataupun waktu bersantai. 

Di rumah ataupun di luar, tentunya beberapa makanan tersebut selalu dicari. Jika anda mencari ide atau rekomendasi makanan manis penutup terbaik untuk melengkapi main course, pastinya beberapa rekomendasi ini akan sangat cocok untuk dipilih!

5 Ide Makanan Penutup Paling Disukai

Siapa yang tidak suka dengan makanan penutup? Di Indonesia, makanan penutup merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari budaya kuliner masyarakatnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki variasi makanan penutup yang berbeda, mulai dari yang manis, gurih, hingga yang segar. Berikut ini adalah 5 ide makanan penutup paling disukai di Indonesia yang wajib dicoba!

  • Es Campur

Makanan penutup yang satu ini tidak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. Es campur terdiri dari bermacam-macam potongan buah-buahan segar, nangka, kelapa muda, cincau, kolang-kaling, sirup, dan es serut. Rasa manis, segar, dan legit akan menyegarkan tenggorokan Anda.

  • Klepon

Klepon merupakan makanan penutup tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah. Biasanya, klepon dilumuri oleh kelapa parut yang dipanggang. Ketika digigit, gula merah yang lezat akan meleleh di mulut Anda.

  • Serabi

Serabi merupakan pancake ala Indonesia yang terbuat dari adonan tepung beras, santan, gula, dan telur ayam yang dikukus. Makanan penutup yang biasa disajikan dengan kinca, serutan kelapa, dan gula merah cair ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

  • Puding

Puding adalah makanan penutup yang terbuat dari campuran susu, gula, tepung maizena, dan agar-agar yang dikukus. Puding sangat cocok untuk dijadikan hidangan penutup setelah makan karena rasa yang lezat dan lembut. Puding bisa dihidangkan dengan berbagai topping seperti saus coklat, buah-buahan, atau kacang-kacangan.

  • Martabak Manis

Martabak Manis merupakan makanan penutup yang berupa adonan tepung terigu, telur, gula, susu, dan ragi yang diaduk hingga adonan mengembang. Kemudian adonan dipanggang dan diisi dengan coklat, keju, kacang, atau selai. Martabak manis memiliki rasa yang legit dan gurih, serta aroma yang harum.

Cara Menikmati Makanan Penutup Jadi Lebih Nikmat

Selanjutnya Anda juga harus mengetahui bagaimana cara yang paling tepat untuk menikmati beberapa makanan tersebut. Dengan begitu cita rasa dari makanan ini akan semakin maksimal. Berikut adalah beberapa opsi untuk mengoptimalkan rasa terbaik dari beberapa makanan rekomendasi di atas! 

  • Sesuaikan dengan menu utama 

Pertama yang harus anda perhatikan adalah menu utama. Dengan memperhatikan menu utama tentunya Anda bisa memilih makanan penutup yang sesuai. Beberapa makanan utama yang asin atau asam tentunya akan sangat cocok dengan beberapa makanan penutup manis di atas.

  • Tambahkan topping atau sajian penikmat 

Menambahkan beberapa toping atau sajian penikmat untuk memberikan cita rasa baru pada makanan penutup Anda tentunya sangat direkomendasikan. Sesuaikan dengan selera Anda sehingga bisa memberikan keseruan dan kesenangan saat mengkonsumsinya.

Baca juga : Dayot Upamecano Jadi Korban Rasisme Usai Kalah Lawan The Citizen

  • Kombinasikan 

Tidak ada salahnya untuk mengkombinasikan beberapa makanan rekomendasi di atas. Mungkin Anda memiliki ide terbaik dan imajinasi saat akan menyantap beberapa makanan tersebut. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba mengkombinasikan dua makanan penutup yang direkomendasikan tersebut.

Makanan penutup memang selalu menjadi bagian yang dinantikan oleh setiap orang. Kelima ide makanan penutup di atas adalah merupakan beberapa yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Setiap makanan penutup tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing, mulai dari rasa manis, gurih, hingga segar. Cobalah ide makanan penutup tersebut dan nikmati sensasi rasa yang unik dan lezat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top