Tips dan Cara Mengatasi Perut Kembung

Tips dan Cara Mengatasi Perut

Kembung Supaya Cepat Pulih

 

KOMANDANNEWS.COM – Perubahan pola makan setelah melakukan ibadah puasa, memang akan memberikan dampak pada perut ketika lebaran tiba. Hal ini tentu saja tidak akan membuat Anda nyaman, masalah perut kembung pastinya akan mengganggu aktifitas Anda. Kali ini akan dibahas beberapa cara mengatasi perut kembung sepaya cepat pulih.

Kondisi perut kembung tentu akan banyak dialami seseorang yang sudah mengalami masalah di bagian perut. Gejala perut kembung bisa saja menjadi salah satu gejala penyakit lainnya seperti:

  • Radang usus atau adanya peradangan di saluran pencernaan yang bisa disebut dengan sakit kilitus ulserativa dan Crohn.
  • Penyakit konstipasi yakni sakit yang diakibatkan kurangnya buang air besar yang menyebabkan feses kering dank eras sehingga mempengaruhi pergerakan usus.
  • Sakit Gastroparesis yaitu penyakit yang diakibatkan lambannya pengosongan makanan di perut yang menuju ke usus kecil.
  • Sakit Celiac yaitu salah satu penyakit autoimun yang menyerang sistem kekebalan tubuh di bagian usus kecil.

Namun tidak selamanya perut kembung menjadi indikasi penyakit yang serius. Anda bisa mengatasi masalah ini dirumah dengan melakukan penanganan secara cepat dan tepat. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya.

5 Cara Mengatasi Perut Kembung

Supaya cepat pulih ada beberapa cara mengatasi perut kembung yang sangat ampuh dan akurat bisa Anda lakukan dirumah. Sejumlah cara sederhana dan aman itu antara lain:

  • Minum Air Jahe

Sejumlah obat herbal bisa juga digunakan untuk meredakan gejala perut kembung dirumah, salah satunya adalah jahe. Bumbu dapat satu ini memang dibilang sangat ampuh untuk urusan sakit lambung dan mengurangi resiko penyakit maag. 

Ambil jahe dan bersihkan, kemudian jahe bisa dikonsumsi langsung dengan cara dikunyah atau di parut lebih dulu. Jika ingin dijadikan minuman herbal, setelah diparut silahkan diseduh memakai air hangat. Minum secara rutin maka kandungan dari jahe akan mampu mengurangi kadar gas di perut yang menyebabkan kembung.

  • Konsumsi Kunyit

Kunyit juga menjadi salah satu bumbu dapur yang begitu cocok untuk meredakan perut kembung. Apalagi khasiatnya juga sangat ampuh untuk mengurangi masalah pencernaan, sakit perut, mulas dan masalah kembung diperut.

Silahkan seduh kunyit atau mencampurkannya didalam makanan. Dengan mengkonsumsinya secara bertahap maka kandungan gas diperut pun akan semakin mudah hilang.

  • Minyak Peppermint

Kemudian cara mengatasi perut kembung bisa memakai minyak peppermint. Perut kembung bisa disebabkan oleh adanya perubahan fungsi pada oto-otot pada saluran pencenaan. Dengan kandungan antispasmodik pada minyak peppermint, maka kejang otot akan berkurang. Perut kembung pun akan semakin cepat reda.

  • Konsumsi Obat

Salah satu obat yang mampu meredakan perut kembung adalah obat dengan kandungan probiotik. Dengan minum obat dengan kandungan ini maka produksi gas didalam perut pun akan berkurang. Hal ini akan ampuh sekali mengurangi gejala perut kembung.

  • Lakukan Kardio

Selain makan dan minuman diatas, solusi jitu mengatasi perut kembung adalah dengan melakukan olahraga ringan seperti kardio. Lakukan kardio kurang lebih 5 menit saja saat mengalami perut kembung maka kondisi ini akan semakin menormalkan kondisi perut Anda. Gas didalam perut akan lebih mudah dikeluarkan.

Nah itulah beberapa cara mengatasi perut kembung yang bisa Anda lakukan dirumah. Dengan melakukan semua hal diatas maka masalah perut kembung selama lebaran pun akan semakin mudah diatasi. Anda akan semakin mudah melakukan aktivitas diluar rumah bersama keluarga tanpa harus resah dengan masalah perut kembung.

Baca juga : Drawing Akhir Badminton Asia Championship 2023: !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top