Sejarah Perkembangan Musik Rock Dari Waktu Ke Waktu

Industri musik memang berkembang sangat pesat seiring berjalannya waktu, dimana hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya genre musik yang mulai bermunculan. Salah satu jenis musik yang sudah tentu semua pecinta musik tahu yaitu rock. Bagi kamu yang belum tahu, musik bergenre rock mulai dikenal masyarakat pada pertengahan 1950 yang mana akar awal dari kemunculan musik rock yaitu dari blues dan juga rhythm. Selain itu rock juga mengadopsi gaya musik lainnya seperti jazz, klasi, serta folk music. Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar musik rock? Tentu saja musik yang khas dengan vocal, gitar, dan juga bass. Perkembangan musik rock terus merambah hingga saat ini menjadi salah satu musik yang paling sering didengar terutama oleh anak muda. Dalam sejarahnya, sudah banyak band- band rock yang telah unjuk gigi dengan gaya khas rock nya, mulai Queen, Gun N Roses, hingga Dream Theatre. Ketiga band tersebut juga telah sukses dalam menyelenggarakan konser musik dunia yang tentu semakin menjadikan musik rock dikenal banyak orang.

Sejarah Perkembangan Musik Rock Dari Waktu Ke Waktu

Perkembangan Musik Rock

Saat ini sudah banyak instrumen alat musik yang diidentikan dengan gaya khas musik rock seperti gitar listrik, gitar akustik, dan juga drum. Perkembangan awal dari musik dimulai di Amerika dimana pada saat itu musik rakyat (folk) disana dikombinasikan dengan nuanso rock sehingga menghasilkan folk rock. Seiring berkembangnya musik rock dibelahan dunia, menjadikan genre rock terbagi menjadi beberapa sub bagian seperti glam rock, soft rock, heavy metal, hard rock, progressive metal, hingga punk rock. Selama setengah abad, musik rock terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan hingga akhirnya melahirkan banyak band- band yang beraliran musik rock. Keberhasilan musik rock dalam menguasai dunia musik tentunya tidak terlepas dari segi historis dari genre rock itu sendiri.

Namun genre rock baru resmi dikenal masyarakat pada tahun 1980 an dimana pada saat itu mulai bermunculan band- band seperti Queen, Dream Theatre, Rolling Stone hingga Gun N Roses yang nuansa rock nya sangat kental. Kombinasi antara lead guitar dan rhythm guitar merupakan ciri khas utama dari musik rock saat ini. Musik rock sendiri mulai dikenal di tanah air tepatnya pada tahun 1970 an. Musik rock begitu dicintai para penikmat musik sebab menurut banyak orang, musik rock merupakan salah satu genre musik modern sebab pada aplikasinya, musik rock biasanya dipadukan dengan alat- alat musik modern seperti gitar listrik, piano, dan bass. 

Baca Juga : Mengenang Bad Tour Konser Michael Jackson Paling Megah

Band- Band Rock Terbaik

Rock menjadi salah satu genre musik yang memadukan antara unsur tradional dan juga modern. Hingga saat ini sudah banyak band- band dengan aliran musik rock yang bermunculan. Bahkan dalam sejarahnya sudah banyak konser musik dunia yang menampilkan musik- musik rock. Genre musik rock sendiri memiliki banyak sub genre nya, dimana masing- masing dari genre tersebut tentu memiliki ciri khasnya masing- masing. Terdapat beberapa band rock yang dianggap para pecinta musik sebabagai yang terbaik di dunia, bagi kamu yang penasaran berikut ulasannya.

  • Rolling Stone

Siapa yang tidak kenal dengan band rock legendaris satu ini? Ya, Rolling Stone menjadi salah satu nama band musik rock yang banyak dibicarakan banyak pecinta musik saat ini. Band yang beranggotakan 5 orang yaitu Mick Jagger, Keith Richards, Brian Jones, Mick Avory, dan Dick Taylor ini sukses menyihir para pecinta lagu rock dengan lagu- lagu keren yang mereka hasilkan. Lagu- lagu keren seperti Angie, Paint Black, dan Sypathy of The Devil berhasil mereka ciptakan dan berhasil masuk ke jajaran lagu rock terbaik sepanjang masa. Rolling Stone dikenal banyak orang karena berhasil menyelenggarakan konser musik dunia yaitu di stadion Wembley pada tahun 1990 dan Brazil pada 2006. Sebenarnya masih banyak konser Rolling Stone lainnya, akan tetapi dua konser tersebut merupakan yang terbaik.

  • Queen

Band rock selanjutnya yaitu Queen. Band ini sangat dikenal masyarakat karena memiliki vokalis legendaris yang memiliki suara khas yaitu Freddie Mercury. Band ini terbentuk di Inggris pada tahun 1970 an. Lagu- lahu rock seperti Bohemian Rhapsody, We Are The Champion, dan Love of My Life menjadi salah satu lagu rock yang paling sering didengarkan oleh para pecinta musik di seluruh dunia. Band ini juga telah melakukan beberapa tour musik keren  yaitu Live Aid Concert (1985), dan konser besarnya setahun kemudian di stadion Wembley. Lagu- lagu dari Queen tentu akan terus dikenang oleh para pecinta musik rock di seluruh dunia karena lagunya sangat mencerminkan gaya- gaya rock music.

  • Gun N Roses

Band rock satu ini sangat popular pada tahun 1980 an. Band yang beranggotakan Axl Rose, Slash, Duff Mckagan, Mellisa Reese, Richard Fortus, Frank Ferrer, dan Dizzy Read ini memang namanya sudah sangat dikenal para pecinta musik dunia. Lagu- lagu seperti Sweet Child O’Mine, Welcome To The Jungle, dan November Rain sangat kental dengan nuansa rock nya dimana diselimuti oleh permainan guitar oleh sang master guitar yaitu Slash. Band ini bahkan pernah menjadi salah satu band rock dengan lagu- lagu terlaris, dimana banyak orang saat itu membeli kaset yang didalamnya memuat lau- lagu Rock dari Gun N Roses.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top