Sejarah dan Eksistensi Musik RnB Saat Ini

Sejarah dan Eksistensi Musik RnB Saat Ini

Sejarah dan Eksistensi Musik RnB Saat Ini | komandannews.com

Dunia musik memang selalu mengalami transformasi pesat setiap generasinya, hal tersebut dibuktikan dengan genre musik yang selalu bermunculan. Mungkin para pecinta musik saat ini hanya mengetahui genre- genre tertentu seperti blues, rock, ataupun pop. Padahal saat ini terdapat genre musik lainnya yang tidak kalah eksis yaitu R&B. Bagi kamu yang belum tahu, Musik RnB sendiri merupakan singkatan dari Rhythm and Blues, dimana genre ini menggabungkan jenis musik gospel, blues, dan juga jazz. Afrika dan Amerika menjadi dua negara pertama yang memperkenalkan musik RnD kepada dunia. RnB merupakan salah satu genre dimana ciri- ciri musi yang dihasilakn lebih enak didengar karena terkesan santai. RnB menitikberatkan pada kualitas vokal yang dikombinasikan dengan melodi. Penyanyi terkenal sekelsa Whitney Houston, Mariah Carey hingga king of pop Michael Jackson mengusung tema RnB pada setiap lagi yang dibawakannya. Bahkan konser musik yang sering dilakukan oleh mereka kental dengan melodi dan lagu- lagunya yang enak didengar dan santai.

Baca Juga : Cinta Tanah Air? Berikut Ini Musik Asli Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Era 80 an hingga 2000 an bisa dibilang sebagai era kejayaan dari RnB karena pada masa tersebut banyak bermuculan musisi hebat yang mengusung genre RnB pada setiap musik yang mereka bawakan. Perlu diketahui bahwa RnB pernah dipadukan dengan hip hop karena keduanya memiliki alunan musik yang santai. Meskipun sekarang popularitas musik R&B mulai tergantikan oleh genre lainnya seperti rock, pop, hingga jazz, hal tersebut tidak akan bisa mengubah fakta bahwa RnB tetap menjadi yang terbaik. Setiap musisi tentunya punya cara tersendiri dalam menginterpretasikan gaya musik RnB, akan tetapi konsep musiknya tetap sama yaitu musik santai. Dalam sejarahnya, genre RnB ini diperkenalkan oleh masyarakat African- Amerika, dimana pada saat itu mereka memadukan genre satu ini dengan nuansa gospel, jazz, maupun soul. Pemaknaan setiap musisi terhadap genre RnB ditentukan oleh jenis instrumen yang mereka gunakan.

Musik RnB terus mengalami perkembangan yang pesat dari waktu ke waktu, dimana RnB contemporary saat ini dimainkan oleh para musisi di seluruh dunia. Jika kamu tahu musisi dunia seperti Santana, hampir semua lagu yang dinyanyikan olehnya memiliki genre RnB. Santana sendiri merupakan salah satu musisi yang lagu- lagu lawasnya sangat melegenda terutama di era 60 hingga 70 an. 

Musisi RnB Terbaik Dunia

Meskipun popularitas dari musi RnB tidak sebesar musik rock, akan tetapi RnB tetap menjadi playlist utama para pecinta musik saat ini. Berikut adalah beberapa musisi RnB terbaik saat ini.

  • Bruno Mars

Siapa yang tidak kenal dengan Bruno Mars, musisis dengan nama asli Peter Gene Hernandez ini merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, hingga produser rekaman asal Amerika. Bruno Mars lahir pada 8 Oktober 1985 di Hawaii Amerika Serikat. Bruno Mars dikenal sebagai salah satu musisi yang sering mempopulerkan musik dengan genre RnB. Bagi kamu yang belum tahu, Just The Way You Are merupakan salah satu lagu buatannya yang mengusung tema musik R&B. Lagu itu juga pernah masuk ke dalam jajaran lagu RnB yang paling sering didengarkan oleh para pecinta musik. Pada bulan Juni 2023 yang lalu, Bruno Mars melakukan tour dunia, dimana ia mengunjungi dua negara di Asia yaitu Korea Selatan dan Filipina. Pada saat konser musik tersebut, ia banyak membawakan lagu dengan nuansa RnB.

  • Whitney Houston

Nama selanjutnya yang wajib masuk ke dalam list ini yaitu Whitney Houston. Penyanyi yang identik dengan gaya pop dan RnB ini telah membangkitkan semangat para penyanyi Afro- Amerika untuk mengembangkan musik RnB. Whitney Houston juga identik dengan sebutan penyanyi pop- gospel, dimana ia memiliki jangkauan suara yang sangat kuat yaitu 3,5 oktaf. Saving All My Life For You menjadi salah satu lagu RnB terbaik yang pernah dinyanyikan oleh Whitney Houston. Whitney Houtsen menjadi wanita keturunan Afrika- Amerika pertama yang masuk majalah Seventeen. Meskipun ia telah meninggal dunia pada tahun 2012 yang lalu, akan tetapi semangatnya dalam memperkenalkan musik R&B akan terus dikenang selamanya.

  • Mariah Carey

Musisi RnB lainnya yang namanya layak disebut sebagai salah satu yang terbaik yaitu Mariah Carey. Mariah Carey sendiri menggunakan genre musik seperti RnB pop, hip hop dan juga soul. Penyanyi ini memiliki oktaf yang lebih tinggi dari nama sebelumnya yaitu Whitney Houston, dimana Mariah Carey memiliki oktaf yang mencapai 5. Bahkan majalah kenamaan seperti majalah Rolling Stone, Mariah Carey menempati peringkat 5 sebagai penyanyi terbaik di dunia. Lagunya seperti Hero, Vision Of Love, Emotions, I Will Be There merupakan sedikit lagu ciptaan Mariah Carey yang memiliki genre RnB. Mariah Carey tentunya patut menjadi contoh bagi musisi lainnya, sebab ia merupakan salah satu orang yang berjasa dalam mempopulerkan musik bergenre RnB.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top