Rekomendasi Objek Wisata Dieng

Rekomendasi Objek Wisata Dieng yang Layak Dikunjungi

Rekomendasi Objek Wisata Dieng Berencana untuk berlibur ke dataran tinggi Dieng? Kamu tak boleh melewatkan untuk mencoba beberapa objek wisata Dieng yang sangat populer bersama teman atau keluarga.

Dieng berada di Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah dan memiliki beberapa spot wisata dengan pemandangan alam yang sungguh istimewa sekaligus menarik untuk kamu kunjungi. Mulai dari wisata air, situs bersejarah, hingga pegunungan, dijamin kamu tak akan kehabisan pilihan untuk menghabiskan masa liburan di sini.

Baca Juga : Asal-Usul Alat Penyajian Kuliner Tradisional Nasi Jamblang Menggunakan Daun Jati

Rekomendasi Objek Wisata Dieng Beberapa Objek Wisata Dieng Populer

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba liburan ke Dieng, jangan sampai lupa untuk mengunjung beberapa spot yang kami rekomendasikan berikut.

  1. Telaga Warna

Ketika liburan ke Dieng pada Juli hingga Agustus, kamu akan berpeluang melihat warna air yang berubah menjadi hijau, biru, merah, atau kuning di Telaga Warna. Nah, perubahan warna tersebut terjadi lantaran di telaga ini mempunyai kandungan sulfur yang sangat banyak. Jadi ketika terkena sinar matahari otomatis airnya juga ikut berubah.

Telaga Warna mempunya luas 3x lapangan sepakbola, dijamin tidak akan boring saat kamu ingin bersantai sekaligus menikmati pemandangan di sini.

  1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir atau sering disebut Puncak Sikunir adalah salah satu spot wisata paling favorit di Dieng. Daya tariknya tentu saja keindahan sunrise yang ditawarkan di lokasi ini. Baik pengunjung lokal atau turis asing semuanya menantikan saat dimana matahari terbit.

Tidak hanya itu, melalui Puncak Sikunir kamu dapat melihat indahnya Telaga Cebong. Kemudian ditambah dengan deretan rumah warga yang tersusun rapi sekaligus menambah keindahan panoramanya.

  1. Batu Pandang Ratapan Angin

Rekomendasi objek wisata Dieng selanjutnya adalah Batu Pandang Ratapan Angin. Yakni tebing batu menonjol karena bekas letusan dari gunung vulkanik sampai akhirnya terbantuk batuan menonjol eksotis.

Melalui batu tersebut, kamu bisa menikmati indahnya Telaga Warna lebih jelas. Justru lebih jelas ketimbang langsung mengunjung Telaga Warna, pasalnya pengunjung melihat telaga dari atas bukit.

  1. Kawah Sikidang

Jika mengunjungi Kawah Sikidang, kamu harus menggunakan masker lantaran kawah ini mempunyai aroma belerang yang cukup kuat dan bisa berdampak untuk kesehatan. Kawah Sikidang menawarkan wahana permainan keren dan spot foto estetik yang akan memanjakan waktu liburan kamu.

Lokasi kawah ini dapat ditempuh dengan sangat mudah, rute perjalanannya sudah baik dan dapat kamu kunjungi dengan memakai bus wisata.

  1. Candi Arjuna

Objek wisata Dieng satu ini mempunyai candi-candi yang sarat akan sejarah dan dapat kamu kunjungi. Nah, salah satu yang sangat terkenal ialah Candi Arjuna. Candi tersebut bahkan masih aktif untuk dijadikan lokasi ibadah bagi masyarakat lokal, apakagi ketika Hari Raya Galungan.

  1. Kawah Candradimuka

Sebenarnya kawah ini bukan dari kawah volcano, namun pemunculan solfatara melalui retakan tanah. Ada 2 lubang retakan yang sampai sekarang masih aktif mengeluarkan solfatara, satu mengeluarkan dengan berselang dan satunya lagi secara terus-menerus.

  1. Padang Savana Dieng

Menawarkan padang rumput nan hijau dengan panorama gunung-gunung yang sangat menawan. Spot wisata Padang Savana Dieng ini direkomendasikan untuk melakukan kegiatan seperti berburu  foto estetik, camping, dan lain-lain.

Jadi wisata baru di Dieng, tujuan Padang Savana masih sedikit fasilitas. Maka dari itu sebelum pergi kesana, kamu harus membawa perlengkapan secara lengkap, ya!

Demikiankan beberapa objek wisata Dieng yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Wonosobo, Jawa Tengah. Beberapa spot wisata di atas tidak mempunyai jarak terlalu jauh antara spot satu dengan spot lain. Sehingga waktu kamu di jalan tak akan terbuang percuma. Terima kasih!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top