Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan Secara Mudah

Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan Secara Mudah

KOMANDANNEWS.COM – Cegukan menjadi salah satu hal yang membuat tidak nyaman. Masalah ini tentu saja akan begitu menghambat acara lebaran Anda bukan. Jika mengalami cegukan, bukan hanya saat makan namun ketika berbicara pun akan semakin tidak nyaman. Kali ini akan dibahas lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi cegukan secara mudah saat lebaran nanti.

Cegukan sebenarnya disebabkan oleh perubahan pola makan dan adanya perubahan cuaca. Ketika adanya kontraksi di bagian diafragma secara tidak sengaja, sudah pasti seseorang akan mengalami cegukan. Kondisi ini akan menutup pita suara dengan tiba-tiba. Beberapa penyebab cegukan antara lain:

  • Adanya gangguan pada sistem saraf pusat.
  • Adanya gangguan pada sistem metabilisme tubuh karena pengaruh obat-obatan.
  • Terdapat iritasi dan kerusakan saraf.

Setelah memahami beberapa penyebab cegukan diatas, maka Anda harus segera mencari solusi untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi cegukan dirumah.

5 Cara Mengatasi Cegukan

Masalah cegukan bisa saja hanya sementara namun juga ada yang berlangsung terus menerus. Jika Anda mengalaminya selama lebaran nanti, berikut ini beberapa cara mengatasi cegukan yang ampuh dan bisa Anda lakukan dalam meredakannya.

  • Menahan Nafas Singkat

Dengan menambah kadar karbondioksida didalam tubuh maka Anda akan semakin mudah untuk mengatasi cegukan. Untuk itu disarankan bagi Anda yang menderita cegukan harus menarik nafas secara lama dalam beberapa detik ketika terserang cegukan.

Jika beberapa saat belum reda, lakukan cara ini secara berkelanjutan. Hal ini sudah lama menjadi solusi paling ampuh untuk menghentikan cegukan.

Baca juga : Kartu Merah di AC Milan vs Napoli

  • Menari Nafas di Kantong Kertas

Cara berikutnya untuk meningkatkan kadar karbondioksida yang ternyata juga ampuh dalam mengatasi masalah cegukan yaitu menarik nafas dalam kantong kertas. Sejauh ini kandungan karbondioksida yang tinggi akan membuat diafragma berkontraksi. Saat berkontraksi oksigen yang masuk ke diafragma akan mampu meringankan cegukan. 

Untuk melakukan hal ini silakan menyiapkan kantong kertas terlebih dahulu. Kemudian bernafaslah panjang didalam kantong kertas sekitar 10 detik, lalu hembuskanlah nafas di luar kantong kertas. Lakukan teknik ini secara berkelanjutan hingga cegukan berkurang.

  • Gigit Jeruk Nipis

Kemudian cara mengatasi cegukan yang juga sangat efektif dilakukan adalah menggigit jeruk nipis. Didalam jeruk nipis terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dengan adanya sifat asam inilah maka saraf vagus akan semakin mudah direlaksasi. Asalkan Anda kuat menahan rasa asam dari jeruk nipis, maka cegukan akan cepat reda.

  • Konsumsi Air Hangat

Mengkonsumsi air hangat juga menjadi salah satu solusi untuk mengatasi cegukan. Karena selama ini kandungan air hangat mampu melancarkan sistem peredaran darah dari memasok oksigen yang cukup tinggi ke dalam tubuh. 

Untuk melakukannya silakan mengambil air hangat pada sebuah gelas. Kemudian silakan meminumnya secara perlahan sambil menahan nafas dalam beberapa detik. Setelah itu silakan menelannya sambil menghembuskan nafas. Lakukanlah hal ini dalam beberapa tahapan sampai rasa cegukan berkurang. 

  • Menekan diafragma 

Cegukan merupakan salah satu masalah yang diakibatkan karena adanya gangguan di bagian diafragma. Untuk itu lebih baik anda segera mengatasinya dengan menekan secara perlahan bagian diafragma. 

Bagian tubuh ini berada di antara perut dan dada. Ketika menekan pada bagian diafragma silakan sambil menarik nafas secara perlahan. Lakukanlah secara berulang hingga rasa cegukan yang muncul pun semakin berkurang.

Nah itulah beberapa cara mengatasi cegukan yang bisa Anda coba. Dengan memahami apasaja penyebab dan caranya, maka masalah cegukan yang menghampiri Anda selama lebaran pun akan semakin mudah diatasi.

Post Comment