Makassar Kota Penuh Makanan Khas Suku Bugis

Berkunjung ke Makassar kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Suku Bugis. Suku Bugis merupakan etnis dari Sulawesi Selatan yang banyak bermukim di Makassar. Oleh karena itu banyak sekali

hidangan Bugis yang tersedia di Makassar.

Jika kamu sedang berkunjung ke Makassar, coba beberapa makanan di bawah ini ya.

Rekomendasi Makanan Khas Suku Bugis

Makanan khas Suku Bugis mungkin sebagian sudah mengenal dan familiar. Hal ini dikarenakan makanan Bugis memang sudah terkenal sangat lezat hingga ke seluruh penjuru Indonesia.

Baca Juga : 5 Makanan Khas Toraja yang Wajib Dicoba

Seperti hidangan Indonesia pada umumnya, masakan Bugis juga menggunakan banyak rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang kuat dan juga kental. Berikut adalah informasi mengenai makanan dari Bugis yang harus kamu coba.

Coto Makassar

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini? Hidangan coto Makassar kini sudah dapat ditemukan dimana saja. Coto Makassar adalah salah satu makanan yang hampir mirip dengan soto di Jawa.

Coto Makassar dominan menggunakan jeroan sebagai isiannya. Kuah Coto Makassar yang kental dan gurih sangat cocok dinikmati kapan saja. Coto Makassar biasanya disajikan menggunakan burasa maupun ketupat.

Burasa adalah makanan dari Makassar yang hampir mirip dengan ketupat. Namun burasa menggunakan campuran santan dan bumbu sehingga menjadikan rasanya lebih gurih

Palubasa

Bugis memang terkenal dengan makanan kuah-kuah nya yang lezat dan juga memiliki rasa rempah-rempah yang kuat. Salah satu makanan berkuahnya selain coto adalah Palubasa. Sekilas makanan ini memang mirip coto karena juga menggunakan jeroan sapi sebagai isiannya.

Namun rasa antara Coto Makassar dan juga Palubasa berbeda. Rempah-rempah yang digunakan untuk kedua masakan ini berbeda. Penyajiannya pun juga demikian, Palubasa umumnya dikonsumsi bersama nasi hangat dan bukan burasa maupun ketupat.

Konro

Selain Coto Makassar makanan Bugis yang terkenal lainnya adalah sup konro. Makanan ini hampir mirip dengan Rawon dari Jawa Timur.. Bumbu dan rempah yang digunakan untuk memasak hampir mirip namun Konro menggunakan iga sapi sebagai bahan utamanya.

Konro sangat cocok dikonsumsi saat makan siang maupun makan malam. Jangan lupa tambah nasi agar semakin mengenyangkan. Satu porsi konro ini terbilang cukup besar karena bisa dimakan dua orang.

Palumara

Bosan dengan hidangan olahan sapi? Tenang saja, makanan Suku Bugis masih banyak lagi dan tidak menggunakan daging sapi. Salah satunya adalah Palumara ini. Memiliki cita rasa asam, gurih, dan pedas makanan ini sangat cocok dikonsumsi saat makan siang.

Palumara terbuat dari daging ikan kakap merah yang dimasak menggunakan kuah kuning yang kental. Karena kuah kuning ini cukup kental jadi makan sedikit saja rempah-rempah nya sudah sangat terasa di lidah. Makanan ini bisa menjadi salah satu opsi hidangan Bugis yang kamu cicipi jika bosan dengan daging sapi.

Barongko

Hanya membahas makanan berat saja rasanya tidak lengkap jika tidak membahas mengenai makanan penutupnya ya. Bugis juga memiliki makanan penutup yang tidak kalah lezatnya. Barongko merupakan makanan penutup khas Bugis yang memiliki rasa legit dan juga manis.

Barongko terbuat dari pisang yang sudah sangat matang sehingga teksturnya sangat lembut. Pisang kemudian dihaluskan lalu dicampur dengan telur dan gula untuk menambah rasa. Setelah itu adonan pisang dibungkus menggunakan daun pisang dan selanjutnya dikukus. Barongko siap disajikan sebagai camilan maupun makanan penutup.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top