Ganjar Pranowo Dianggap Mampu Kuatkan Pelayanan Publik Ketika Menjabat Gubernur Jawa Tengah!

Ganjar Pranowo Dianggap Mampu Kuatkan Pelayanan Publik Ketika Menjabat Gubernur Jawa Tengah!, Diketahui, sebelumnya Ganjar Pranowo yang merupakan sosok bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan alias PDIP adalah seorang pemimpin untuk wilayah Jawa Tengah yang dapat membangun pelayanan publik menjadi lebih kuat dan responsive sebagai bukti komitmen dan dedikasinya untuk mengembangkan serta memberikan segala yang terbaik untuk masyarakat.

Ganjar Pranowo Dianggap Mampu Kuatkan Pelayanan Publik Ketika Menjabat Gubernur Jawa Tengah!

Ungkapan Pakar Komunikasi dan Administrasi Publik

Agung Firman Saputra yang merupakan Pakar Komunikasi dan Administrasi Publik menyebut berbagai penguatan pelayanan publik yang menjadi salah satu pencapaian tertinggi dari sosok Ganjar Pranowo yang pernah memimpin wilayah Jawa Tengah selama 10 tahun.

UNgkapan tersebut telah disampaikan secara langsung oleh Firman setelah membongkar buku yang berjudul ‘Hitam Putih Ganjar, Jejak Kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah’ pada sebuah acara yang berlangsung di Jakarta. 

Baca Juga : Partai Gerindra Dapatkan Penghargaan Pelayanan Informasi Publik!

Berdasarkan bedah buku tersebut, sosok yang juga menduduki sebagai Ketua BPK pada tahun 2019 hingga 2022 itu mencoba untuk menganalisis lebih dalam dengan lebih fokus terhadap beberapa kata kunci. Alhasil, terdapat sekitar 301 kata ‘masyarakat’ yang terucap dalam buku tersebut.

Selain itu, terdapat kata kunci lain seperti ‘pelayanan’ yang terucap sebanyak 106 kali, dan kata ‘pelayanan publik’ yang terucap sebanyak 53 kali dalam buku yang berisi sebanyak 15 bab tersebut. Bagi FIrman, temuan pertama yang dapat ditemukan dalam buku tersebut adalah pembahasan tentang pelayanan publik.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan tujuan utama dari pembentukan pemerintah daerah yakni sebagai salah satu instrumen pelayanan publik yang lebih. Firman juga memberikan fokusnya terhadap upaya nyata yang ditunjukkan Ganjar dalam hal memperkuat pelayanan publik, khususnya dengan adanya pembangunan Mal Pelayanan Publik atau MPP.

Berdasarkan data yang telah ia kumpulkan, sejak bulan Februari 2023 kemarin, Jawa Tengah telah memiliki 28 MPP dan menjadi wilayah dengan jumlah MPP terbanyak dibandingkan beberapa wilayah lain yang ada di Indonesia.

Berdasarkan keseluruhan MPP yang ada di Indonesia mencapai 110, yang terdiri dari 65 MPP di Pulau Jawa, 15 di Provinsi Sumatera, 13 Provinsi Kalimantan, 13 Provinsi Sulawesi, 3 Provinsi Bali, dan yang terakhir hanya ada 1 MPP di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT.

Dalam buku tersebut juga terlihat setelah adanya penguatan atas dukungan dari berbagai peningkatan kapasitas kelembagaan. Hal tersebut dapat disaksikan dengan berbagai data hasil survei mengenai pelayanan publik.

Indeks Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2022 lalu telah mencapai angka yang cukup besar, yakni berada di angka 80 persen. Tak hanya itu, Integritas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sendiri juga memiliki nilai yang cukup tinggi.

Melihat dari hasil survei tentang penilaian integritas telah mencapai 78,18 persen. Bahkan, tingkat kepuasan masyarakat sendiri juga mendapatkan nilai yang sangat tinggi. Hal itu terlihat dari Indeks Kepuasan Masyarakat yang mencapai angka 83,350 persen berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sejak tahun 2022 kemarin.

Rilis Buku Baru Tentang Pemikiran Ganjar Pranowo

Belum lama ini, Hamid Basyaib yang merupakan seorang aktivis dan juga sebagai penulis telah menciptakan buku terbarunya dengan menggunakan judul ‘Membongkar Pemikiran Ganjar’. Melalui buku tersebut, ia bermaksud untuk dijadikan sebagai referensi kepada para pemilih jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang ketika menentukan calon pemimpin Negara berdasarkan ide, gagasan, dan juga pemahaman tentang Indonesia.

Hamid optimis bahwa seorang calon Presiden sebuah Negara harus dinilai dan dipilih berdasarkan ide dan gagasannya, bukan karena hal yang lain. Maka dari itu, menggunakan buku tersebut diharapkan dapat memberikan pesan secara garis besar tentang pemikiran dari seorang Ganjar Pranowo.

Hamid juga menegaskan bahwa dalam proses memilih seorang pemimpin Negara jangan sampai tidak ada landasan sama sekali atau hanya sekedar menyukai pidato dari tokoh yang sedang berkobar. 

Hal itu dikarenakan orang tidak akan bekerja hanya dengan berbicara saja, tetapi dengan kerja nyata menggunakan ide dan gagasan yang telah mereka bawa. Hamid menjelaskan tentang buku tersebut secara singkat mengenai pemikiran dari Ganjar Pranowo, seperti pemikiran tentang hukum, kesenian, ekonomi, budaya, sampai dengan keamanan dan  pertahanan Negara.

Hamid sebagai penulis tentu saja berharap kepada setiap pembaca buku tersebut dapat mengetahui visi dan misi yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo berdasarkan isi dari buku tersebut. Karena, buku yang telah ia buat tersebut dinilai mampu memberikan gambaran mengenai pemikiran yang dimiliki oleh bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut demi menjadikan Indonesia lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Hamid meyakini melalui tulisan yang telah ia tuang menjadi sebuah buku tersebut dapat dijadikan sebagai simpulan sosok Ganjar Pranowo merupakan seorang yang tepat untuk menjadi pemimpin Negara dan melanjutkan tugas dari presiden saat ini, Joko Widodo.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top