Cara Mengobati Asam Urat Pada Kaki

Asam urat merupakan penyakit yang sering muncul seiring usia bertambah. Berita baiknya, kondisi seperti ini masih dapat diobati dengan cara natural, misalnya perbanyak konsumsi air mineral. Penyakit ini disebabkan penumpukan asam urat dalam darah. Lalu menumpuk di area persendian sehingga menimbulkan peradangan dan disertai rasa nyeri. Berikut adalah beberapa cara mengobati asam urat pada kaki yang bisa kamu lakukan.

Apabila tak diobati, kambuh sewaktu-waktu bisa menghambat berbagai aktivitas harian, terlebih bagi kamu yang sering bekerja secara fisik. Lalu, bagaimana tips mengobati asam urat di kaki? Untuk mengetahui jawabannya, tidak ada salahnya kamu membaca ulasan di bawah ini!

Baca Juga : Cara Mengobati Anemia Secara Alami

Beberapa Cara Mengobati Asam Urat Pada Kaki

Kunci meredakan asam urat berlebihan ialah dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Banyak Minum Air Putih

Meningkatkan minum air putih bisa memicu ginjal agar bisa melepaskan kelebihan cairan, dan ini sekaligus mengurangi pembengkakan yang dialami penderita.

Air putih merupakan opsi terbaik, namun air bening lain seperti the herbal dan kaldu juga tidak kalah bagusnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter.

  • Batasi Konsumsi Alkohol

Berdasarkan Arthritis Foundation, mengonsumsi lebih dari 2 bir atau 2 liquor per hari akan meningkatkan resiko mengalami asam urat. Melansir Medical News Today, bir yang memiliki kandungan tinggi purin juga wajib dihindari jika kamu memiliki penyakit asam urat.

  • Minum Kopi

Cara mengobati asam urat pada kaki berikutnya dalah mengonsumsi kopi. Dalam analisis 2010 data peserta perempuan pada Nurses’s Health Study telah menemukan resiko asam urat menurun karena sering mengonsumsi kopi. Perempuan yang minum 1 hingga 3 cangkir kopi /hari mempunyai penurunan resiko asam urat sebesar 23% ketimbang mereka yang jarang mengonsumsi kopi.

Beberapa studi juga menghubungan minum kopi dengan resiko sakit kardiovaskular yang rendah. Kemudian pada meta analisis tahun 2014 dari minum kopi jangka panjang mampu mendapatkan jawaban jika orang yang minum 3 hingga 5 cangkir kopi /hari mempunyai resiko penyakit kardiovaskular dengan paling rendah.

  • Minum Air Jahe

Dilansir healthline, jahe merupakan bahan alami yang diresepkan pada masalah peradangan. Jahe topikal mampu mencegah rasa sakit karena asam urat. Penelitian lainnya menunjukkan kalau jahe bisa mengurangi asam urat dalam subyek tikus yang memiliki kadar asam urat cukup tinggi.

Disarankan mengonsumsi jahe 3 gelas /hari dengan 2sdt jahe bubuk. Lalu direbus hingga 10 menit. Tapi, kamu dianjurkan harus memberi tahu dokter mengenai pengobatan memakai jahe ini.

  • Konsumsi Air Lemon

Dilansir Medical News Today, salah satu cara mengobati asam urat pada kaki adalah dengan mengonsumsi air lemon. Penelitian pada tahun 2015 lalu menemukan jika menambahkan air lemon ke 2 liter air mampu mencegah asam urat kepada penderita.

  • Makan Ceri

Peningkatan konsumsi ceri selama dua hari bisa menurunkan resiko asam urat sebesar 35% pada mereka yang sebelumnya pernah mendapat diagnosa asam urat. Kandungan yang terdapat dalam buah ceri adalah anthocyanin yang menjadi senyawa anti inflamasi.

Selain itu, peneliti menemukan terdapat pengurangan sebanyak 75% untuk asam urat saat manusia makan buah ceri selain meminum obat asam urat dari dokter.

Mungkin itu saja sejumlah cara mengobati asam urat pada kaki. Ingatlah bahwa langkah ini hanya alternatif guna mendukung proses pengobatan dokter. Alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan beberapa tips agar bisa mencegah asam urat pada kaki di atas. Terima kasih!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top