Cara Mengobati Anemia Secara Alami

Anemia atau kurang darah merupakan kondisi saat sel darah merah dalam tubuh berkurang atau tak berfungsi sebagaimana mestinya. Hasilnya, organ lain tidak memperoleh oksigen yang cukup sehingga membuat kamu mudah lelah dan terlihat pucat. Nah, untuk mengetahui bagaimana cara mengobati anemia secara alami kamu berada di artikel yang tepat.

Anemia dapat muncul sementara atau jangka panjang dan memiliki tingkat keprahan ringan hingga berat. Anemia adalah kelainan hematologi atau gangguan darah yang terjadi saat jumlah hemoglobin di bawah normal.

Baca Juga : Rekomendasi Obat Sakit Gigi Semprot Ampuh

Cara Mengobati Anemia dengan Bahan Alami

Supaya bisa mengobati penyakit anemia, ada banyak cara natural yang bisa kamu konsumsi. Beberapa bahan alami tersebut diantaranya adalah:

  • Cara Mengobati Anemia dengan Alpukat

Asam folat merupakan turunan vitamin B kompleks dan larut di dalam air serta bermanfaat membuat DNA sampai memproduksi sel darah merah. Makanan yang di dalamnya terdapat tinggi asam folat ialah alpukat. Mengonsumsi alpukat 1 buah setiap hari mampu mengatasi anemia. Selain itu, beberapa makanan lain ialah sayuran, jeruk, kacang-kacangan, serta banyak lagi lainnya.

  • Cara Mengobati Anemia dengan Kurma

Kurma adalah buah yang memiliki kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, serta zat besi. Olehh karena itu, rajin mengonsumsi kurma baik sekali guna meningkatkan eritrosit dan sangat bagus kami kamu meng mengalami anemia.

  • Sayuran Hijau

Cara mengobati anemia dengan bahan alami selanjutnya ialah menggunakan sayuran hijau. Agar bisa menambah zat besi dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau. Bayam, daun ketumbar atau fenugreek bisa menjadi opsi yang kaya akan zat besi. Tapi, diluar ketiga jenis sayuran tadi, semua sayur yang berwarna hijau juga bagus dimakan apabila ingin menambah produksi zat besi.

  • Buah Bit

Buah dengan daging berwarna merah satu ini juga bagus sekali untuk dimakan seseorang yang menderita anemia. Selain memiliki kandungan vitamin C, buah bit juga mempunyai zat besi. Banyak juga vitamin lainnya yang ada di dalam buah ini, seperti B6, kalium, dan asam folat.

  • Daging Merah

Daging merah ternyata mempunyai kandungan B13 dan zat besi yang diperlukan oleh tubuh kita. Zat besi yang terkandung dalam daging merah nyatanya lebih gampang diserap tubuh ketimbang zat besi.

Organ yang paling bagus untuk dikonsumsi penderita anemia ialah hati agar bisa meningkatkan eritrosit. Setidaknya kamu perlu mengonsumsi 2 sampai 3x seminggu guna mengoptimalkan proses penyembuhan.

  • Memperbanyak Vitamin C

Selain zat besi, salah satu cara mengobati anemia secara alami ialah asupan vitamin C. Vitamin ini bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi buah lemon, jeruk, kiri, dan lain-lain.

Vitamin C bisa membantu tubuh untuk bisa mengoptimalkan proses penyerapan zat besi. Perbanyak makan makanan yang mengandung zat besi penting sekali guna mengatasi dan mencegah anemia.

  • Biji wijen

Biji wijen terkenal karena memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak, khususnya biji wijen berwwarnan hitam. Cara mengonsumsinya ialah kamu hanya perlu merendam biji wijen selama 3 jam lalu haluskan sampai berbentuk pasta. Makan menggunakan madu untuk bisa mengobati anemia.

  • Pisang

Pisang mempunyai kandungan vitamin C, asam folat, potasium, dan zat besi. Tubuh bisa memperoleh seluruh nutrisi yang diperlukan tubuh dari buah pisang agar bisa memproduksi eritrosit sekaligus meningkatkan hemoglobin.

Mungkin itu saja beberapa cara mengobati anemia secara alami yang bisa kamu konsumsi di rumah. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas yang menunjang kesehatan, seperti rutin berolahraga, memiliki gaya hidup sehat, diet dengan benar, agar bisa mengatasi terserang anemia. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan terima kasih!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top