Cara Mengatasi Badan Sakit Semua

Cara Mengatasi Badan Sakit Semua

KOMANDANNEWS.COM – Beberapa cara mengatasi badan sakit semua diantaranya seperti beristirahat atau melakukan pijat.masih ada banyak hal yang dapat dilakukan agar bisa menghilangkan rasa sakit atau pegal-pegal yang terjadi di tubuh. Supaya lebih jelas kamu bisa membaca penjelasan di bawah ini!

Tubuh terasa pegal-pegal bisa dikarenakan berbagai hal, seperti infeksi virus atau bakteri, cedera, kelelahan, penyakit autoimun, atau konsumsi obat-obatan. Pegal-pegal yang terjadi di semua tubuh bisa juga disertai lemas, lelah, demam, hingga menggigil.

Sebenarnya, rasa sakit ini adalahh tanda jika tubuh sedang melawan kelelahan atau penyakit. Semakin tubuh bekerja keras, maka semakin parah juga sakit yang kamu rasakan. Tapi, supaya bisa mengurangi pegal-pegal yang muncul kamu dapat melakukan beberapa tips berikut ini.

Cara Mengatasi Badan Sakit Semua

Guna menghilangkan perasaan sakit yang tentunya mengganggu aktivitas harian, kamu bisa menjalankan beberapa cara seperti berikut:

  • Cukup Tidur

Mendapatkan tidur yang cukup bisa melemaskan otot yang tegang. Sebuah studi menunjukkan jika tidur berfungsi memperkuat sistem imun, sehingga tubuh akan lebih mudah untuk melawan penyakit yang masuk.

  • Mandi Air Hangat

Mandi atau berendam air hangat ternyata bisa mengendurkan otot tegang sekaligus meredakan sakit otot. Tips ini cukup ampuh untuk menghilangkan pegal-pegal serta membantu tubuh untuk merasa lebih fresh.

Supaya mendapatkan hasil lebih optimal, kamu dapat memberikan garam Epsom ke bak mandi kemudian berendam selama 15 menit. Magnesium yang terkandung dalam garam Epsom nanti akan diserap oleh tubuh serta menghilangkan rasa nyeri.

  • Minum Banyak Cairan

Menjaga tubuh selalu terhidrasi dengan mengonsumsi banyak cairan dapat menjadi salah satu cara mengatasi badan sakit semua. Karena, tubuh memerlukan cairan supaya sanggup menjalankan tugasnya dengan agus, termasuk untuk melawan bakteri atau virus yang mengakibatkan terjadinya rasa pegal-pegal.

Tidak hanya itu, tubuh yang selalu terhidrasi bisa membuat otot selalu lentur serta menghilangkan kram. Kamu dapat memenuhi keperluan cairan dengan banyak minum air putih, teh, sup, atau beberapa buah yang didalamnya banyak mengandung cairan, seperti melon, semangka, dan stroberi.

  • Melakukan Streching

Rajin melakukan streching atau peregangan berguna melancarkan peredaran darah di dalam tubuh dan mengatasi badan pegal-pegal. Diketahui bahwa streching ini mampu melawan peradangan yang menimbulkan rasa sakit di tubuh.

Artinya bahwa mengonsumsi ikan sarden, ikan tuna, kacang almond, dan kacang kedelai, bisa menjadi cara mengatasi badan sakit semua, pasalnya makanan ini mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

  • Pijat

Memijat area tubuh yang sakit bisa mengendurkan ketegangan pada otot. Maka dari itu, pijat bisa menjadi tips mengatasi badan pegal-pegal. Agar memperoleh hasil optimal, kamu bisa pergi ke beberapa layanan terapi pijat yang memiliki sertifikat.

  • Memberi Minyak Esensial

Jenis minyak esensial, misalnya minyak lavender dan minyak peppermint, bisa dipakai untuk mengatasi badan terasa sakit. Minyak ini bisa meredakan otot nyeri serta membuat tubuh lebih rileks.

  • Minum Obat Penghilang Rasa Nyeri

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun tidak berpengaruh, kamu dapat minum obat penghilang nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol. Tapi, apabila tubuh belum kunjung fit selama 3 hingga 5 hari, lebih baik kamu berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebabnya sekaligus mendapat pengobatan yang sesuai.

Baca Juga : Luhut dan Bamsoet Maju Sebagai Ketua Umum Partai Golkar

Itulah tadi beberapa cara mengatasi badan sakit semua yang wajib kamu ketahui. Badan terasa sakit yang terjadi secara terus-menerus bisa menjadi tanda-tanda penyakit parah, seperti arthritis, lupus, ataupun kelelahan kronis. Nanti, dokter memberi rekomendasi tips menghilangkan rasa nyeri tersebut, termasuk memberi pengobatan yang cocok dengan kondisi tubuhmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top