8 Manfaat Tidur bagi Tubuh

8 Manfaat Tidur bagi Tubuh

 

KOMANDANNEWS.COM – Kesibukan dalam menjalani hidup terkadang membuat orang mengorbankan jadwal tidurnya agar lebih produktif. Tuntutan pekerjaan dan lembur juga membuat orang kesulitan untuk mendapatkan tidur yang sempurna. Akibatnya, jadwal tidur terganggu dan kualitas tidur menurun.

Padahal, sangat penting untuk mendapatkan tidur yang cukup untuk tubuh dan pikiran Anda. Tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam. Tidur untuk jumlah waktu yang disarankan bukanlah satu-satunya faktor. Penting juga untuk mendapatkan tidur berkualitas tinggi yang konsisten sehingga Anda bangun dengan perasaan segar.Jika Anda mengalami kesulitan jatuh atau tertidur atau menduga Anda memiliki masalah tidur, konsultasikan dengan dokter Anda.

Tubuh menjalani banyak aktivitas penyembuhan dan pemeliharaan saat tidur yang menyentuh hampir setiap bagian tubuh. Akibatnya, tidur menjadi faktor krusial yang berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental tubuh. Kurang tidur di malam hari mungkin membuat Anda merasa lelah, tertekan, dan tidak bisa fokus.

Mendapatkan kualitas tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda, seperti olahraga teratur dan diet seimbang. Dibawah ini adalah beberapa manfaat tidur bagi kesehatan Anda yang mungkin bisa membuat anda lebih memprioritaskan jadwal tidur anda:

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Otak Anda juga memproses emosi Anda saat Anda tidur. Agar pikiran Anda mengenali dan merespons dengan tepat, pikiran membutuhkan waktu ini. Oleh karena itu, suasana hati seseorang dapat ditingkatkan dengan bangun dengan istirahat yang cukup karena tidur meremajakan tubuh dan meningkatkan vitalitas.  Tidur malam yang nyenyak dapat membantu Anda bangkit kembali dari hari yang berat, memperluas perspektif Anda tentang kehidupan, dan bersiap menghadapi rintangan.

Sebaliknya, mereka yang kurang tidur berisiko mengalami gangguan mental. Kurang tidur yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko mengembangkan penyakit mood. Kurang tidur kronis dapat menyebabkan seseorang rentan marah, merasa melankolis, dan cemas. Namun dengan menetapkan jadwal tidur yang teratur sering menghilangkan masalah ini.

  1. Menyehatkan Jantung

Tidur nyenyak mendorong kesehatan jantung. Detak jantung menurun dan tekanan darah turun saat Anda sedang tidur. Ini menandakan bahwa jantung dan sistem peredaran darah mungkin istirahat saat Anda tidur. Tekanan darah Anda akan naik untuk jangka waktu yang lebih lama selama siklus 24 jam jika semakin sedikit tidur yang Anda terima. Penyakit jantung, termasuk stroke, bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Itu karena tidur adalah komponen penting dari ingatan dan pembelajaran. Kurang tidur membuat sulit berkonsentrasi dan menyerap ilmu baru. Juga, otak Anda tidak memiliki cukup waktu untuk menyimpan ingatan secara efektif untuk ingatan berikutnya.

Jika Anda tidak cukup tidur, tubuh dan pikiran Anda mungkin tidak bekerja secara efektif keesokan harinya. Waktu respons, fokus, pemikiran strategis, dan kapasitas Anda untuk perhatian berkelanjutan semuanya dapat terpengaruh. Ini sangat penting jika Anda perlu membuat pilihan yang signifikan, mengemudi, atau mengoperasikan alat berat karena kurang tidur meningkatkan risiko kesalahan atau kecelakaan. Namun, cukup tidur dapat membantu Anda tetap waspada dan berkonsentrasi sepanjang hari.

  1. Memperjatam Ingatan

Tidur tidak hanya memberi tubuh fisik Anda waktu yang dibutuhkan untuk istirahat, memperbaiki, dan membangun kembali, tetapi juga melakukan hal yang sama untuk pikiran Anda. Saat Anda tidur, otak Anda mulai mengatur dan memproses semua informasi yang Anda terima sepanjang hari. Itu mengubah ingatan jangka pendek Anda menjadi ingatan jangka panjang. Informasi yang anda dapatkan akan menjadi lebih melekat ketika anda bangun tidur.

  1. Meningkatkan Stamina

Tidur merupakan proses pemulihan pasca melakukan aktivitas yang menguras energi. Kurang tidur menghabiskan vitalitas Anda dan mencegah Anda memiliki cukup waktu untuk membangun kembali otot Anda. Tidur sangat penting untuk pemulihan olahraga karena meningkatkan sintesis hormon pertumbuhan tubuh. Hormon pertumbuhan ini sangat penting untuk regenerasi jaringan dan mungkin membantu perkembangan otot. Mayoritas atlet membutuhkan delapan jam tidur setiap malam untuk memulihkan diri, mencegah latihan berlebihan, dan meningkatkan performa.

Atlet yang kurang tidur berisiko mengalami penurunan performa, kelelahan, dan perubahan suasana hati. Sedikit tidur meningkatkan kemungkinan kerusakan saat tampil. Ketika durasi tidur seorang atlet berkurang dan waktu latihan mereka diperpanjang, risiko cedera semakin meningkat.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan Anda mengenali kuman dan virus berbahaya di tubuh Anda dan menghilangkannya untuk membantu Anda menghindari sakit. Tidur sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh Anda bertugas menangkal pathogen dan ancaman dari luar. Jika Anda tidak sehat, tidur memberi tubuh Anda waktu yang dibutuhkan untuk pulih. Ini membantu protein dan sel sistem kekebalan mengenali dan memusnahkan setiap penyerang asing yang dapat bersentuhan dengan tubuh Anda, seperti flu biasa. 

Juga, ini membantu sel-sel ini mengingat penyerang ini sehingga Anda siap untuk melawannya jika Anda menemukan virus atau kuman yang sama lagi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberi diri Anda waktu untuk bersantai dan memulihkan diri saat Anda merasa tidak enak badan.

  1. Menjaga Gula Darah

Hormon insulin yang mempermudah masuknya glukosa atau gula darah ke dalam sel tubuh berpengaruh pada interaksi tubuh dengan tidur. Selanjutnya, glukosa digunakan oleh sel sebagai energi. Tidur minimal tujuh jam setiap malam diperlukan untuk menjaga kemampuan tubuh mengelola gula darah.

Orang yang tidur kurang dari tujuh jam semalam memiliki peluang lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Kurang tidur meningkatkan resistensi tubuh terhadap insulin karena sel tidak mampu memanfaatkan insulin dengan baik, yang mengakibatkan kelebihan gula dalam sirkulasi. Dengan tidur malam yang cukup Anda dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2

  1. Menjaga Berat Badan

Tidur yang cukup telah dikaitkan dengan menjaga berat badan yang sehat. Leptin, penekan nafsu makan, dan ghrelin, perangsang nafsu makan, keduanya diproduksi secara alami oleh tubuh selama tidur. Sebaliknya, sintesis leptin turun dan produksi ghrelin meningkat pada malam hari dengan sedikit tidur. Akibatnya, kurang tidur bisa membuat Anda merasa lebih lapar.

Baca juga : Al Nassr Pecat Rudi Garcia, CR7 Ingin Dilatih Zidane?

Kurang tidur akan membuat Tubuh Anda membutuhkan lebih banyak energi karena akan terjaga lebih lama sehingga cenderung membuat anda makan berlebihan dan memilih pilihan makanan padat kalori. Selain itu, diyakini bahwa kurang tidur dapat membuat Anda lebih lapar karena mengubah kadar hormon tubuh yang memberi tahu Anda saat Anda lapar dan kenyang. Oleh karena itu, mendapatkan tidur yang cukup dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

Tidur adalah satu-satunya kesempatan istirahat yang sering kali disepelekan. Dari sekian banyak aktivitas yang anda miliki, pastikan anda memiliki waktu yang cukup untuk tidur. Tidur yang cukup akan menjaga kesehatan sekaligus membantu meningkatkan produktivitas anda, manfaat yang tentunya akan sangat mempengaruhi kualits hidup anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top