7 Kuliner Kudus Yang Tidak Boleh Dilewatkan

KOMANDANNEWS – Kudus bukan hanya destinasi wisata religi terutama bagi pemeluk agama Islam di Pulau Jawa. Namun Kudus menyimpan banyak potensi kuliner yang juga perlu kamu coba ketika berkunjung kesana. Tidak hanya Soto Kudus, masih banyak lagi Kuliner Kudus yang juga bisa kamu cicipi.

7 Kuliner Kudus Yang Bisa Kamu Nikmati 

Selain terkenal dengan wisata kulinernya, Kudus juga merupakan kota yang terkenal akan rokok kreteknya. Banyak pabrik rokok Indonesia yang berdiri di Kota Kudus. Nah tidak hanya berisikan wisata religi dan juga wisata alam lainnya, tidak lengkap rasanya jika ke Kudus tidak mencicipi kulinernya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner Kudus ketika kamu berkunjung kesana.

  • Kuliner Kudus Sate Gule Pak Yanto

Gule kambing atau gulai merupakan makanan yang snagat cocok dinikmati ketika makan siang maupun makan malam. Ketika berkunjung ke Kudus dan kamu ingin menikmati sate gule untuk makan siang atau makan malam kamu, berkunjung saja ke warung Sate Gule Pak Yanto.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Kuliner Alun-Alun Batu Yang Lagi Hits

Warung ini terletak di Lingkar Barat Kudus, Kecamatan Jati, Kudus. Namun kamu harus hapal jam buka warung ini ya. Bisa saja kalau kamu berkunjung kesana siang hari, warungnya sedang tutup. Sate gule Pak Yanto buka pada pagi hingga siang hari, lalu kemudian buka kembali sore hingga malam hari.

  • Kuliner Kudus Ayam Goreng Hj Kasmini

Dimanapun tempatnya, kuliner ayam goreng tidak pernah salah untuk menjadi pilihan. Salah satu ayam goreng rempah terenak di Kudus yakni Ayam Goreng Hj Kasmini. Berbeda dengan ayam goreng lainnya, Hj Kasmini menggunakan rempah dan juga bumbu yang lebih kompleks sehingga rasanya lebih kaya dan gurih.

Warung ini terletak di Jalan Cempaka Barat Pasar Kliwon. Namun jangan datang untuk makan siang ya. Karena warung ayam goreng ini baru buka pukul 5 sore hingga 1 dini hari. Untu satu porsi ayam beserta nasi dibanderol harga mulai 35 ribu hingga 36 ribu rupiah.

  • Soto Kudus Pak Denuh

Kota Kudus terkenal dengan kuliner sotonya. Akan ada yang kurang rasanya jika berkunjung ke Kudus tidak merasakan nikmatnya soto Kudus. Salah satu hidangan soto Kudus yang terkenal yakni Soto Kudus Pak Denuh.

Soto Pak Denuh sangat cocok dinikmati untuk makan malam. Apalagi kelezatannya ternyata sudah turun temurun hingga generasi ketiga ini. Warung Soto Pak Denuh terletak dijalan AKBP Kusumadya, Kudus.

  • Pindang Ayam Pak Sulichan

Jika kita tahu hidangan pindang terbuat dari daging sapi, di Kudus ada hidangan pindang yang dibuat menggunakan daging ayam. Pindang merupakan masakan yang mirip dengan rawon hanya saja memiliki tekstur yang lebih kental. 

Pindang cocok dikonsumsui sebagai menu sarapan, makan siang, atau makan malam. Untuk itu, warung Pak Sulichan ini buka mulai pukul 07.00 pagi hingga 21.00 malam.

  • Nasi Opor Ayam Bakar Sunggingan

Siapa yang tidak suka dengan opor ayam? Makanan khas lebaran ini ternyata juga bisa kamu nikmati kapan saja saat di Kudus. Nasi opor ayam bakar Sunggingan, memadukan ayam bakar dan juga kuah opor yang gurih. Untuk kamu pecinta opor ayam, kamu wajib sekali untuk datang kesini.

Khas dari nasi opor ayam Sunggingan adalah, ayam kampungnya yang dibakar terlebih dahulu. Ini yang memuat cita rasa ayam menjadi lebih kaya karena lebih beraroma. Setelah itu ayam akan disajikan bersama nasi dan disiram kuah opor. 

  • Warung Pecel Bu Sarmi

Nasi pecel merupakan hidangan khas dari Madiun, Jawa Timur. Nasi Pecel sudah terkenal bahkan hingga ke pelosok negeri. Kamu juga bisa menemukan kelezatan nasi pecel saat berkunjung ke Kota Kudus. 

Nasi pecel Bu Sarmi adalah salah satu kuliner Kudus yang juga wajib kamu kunjungi. Warung ini buka mulai pukul 09.00 hingga 16.00 sore. Jangan lupa mencoba menu andalan warung pecel Bu Sarmi, yakni pecel kikil. Menu ini cukup terkenal dan menjadi favorit bagi para pengunjung.

  • Garang Asem Sari Rasa

Ingin mencari kuliner legendaris yang ada di Kudus, Garang Asem Sari Rasa adalah jawabannya. Garang asem ini bisa dibilang yang paling terkenal di Kudus. Garang Asem Sari Rasa bahkan sudah berdiri selama 40 tahun. Tentunya sudah perlu diragukan lagi kelezatan dari hidangan yang satu ini.

Garang Asem Sari Rasa terletak di AKBP Agil Kusumadya. Hidangan garang asem disini cukup beragam. Kamu bisa memilih garang asem ayam, garang asem jeroan, atau garang asem ceker. Satu porsi garang asem ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yakni hanya 30 ribu saja.

Nah itu dia beberapa rekomendasi kuliner Kudus yang bisa kamu coba saat berkunjung kesana. makanan mana yang paling menggoda selera makan kamu?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top