5 Makanan Khas Minang Yang Terkenal Di Seluruh Indonesia

Makanan khas Minang adalah salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang kental dan kaya akan rempah. Tak heran jika makanan Minang bisa dibilang makanan mewah. Selain bumbunya yang menggunakan banyak rempah, proses memasaknya pun terkenal lama. Proses memasak dan rasa nya yang otentik itulah membuat masakan Minang terkenal mewah.

Berbicara tentang kuliner Indonesia, masakan Minang termasuk salah satu makanan yang paling terkenal. Baik di Indonesia maupun di dunia. Bahkan rendang semoat dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Nah, berikut ini adalah beberapa masakan Minang yang paling terkenal.

Baca Juga : Asal-Usul Alat Penyajian Kuliner Tradisional Nasi Jamblang Menggunakan Daun Jati

5 Makanan Khas Minang Yang Terkenal LezatĀ 

 

Berbicara tentang kuliner Indonesia, makanan khas Minang termasuk salah satu makanan yang paling terkenal. Baik di Indonesia maupun di dunia. Bahkan rendang semoat dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Nah, berikut ini adalah beberapa masakan Minang yang paling terkenal.

  • Makanan Khas Minang Dendeng Batokok

Makanan Minang yang terkenal berikutnya adalah Dendeng Batokok. Disebut batokok karena makanan ini dipukul-pukul hingga berbentuk pipih sebelum disajikan. Jika di Jawa, makanan ini bisa disebut dengan empal. Bahan dasar dari makanan ini adalah daging sapi. Setelah pipih, dendeng akan disajikan dengan sambal ijo diatasnya.

Cocok dimakan dengan nasi hangat dan juga kerupuk untuk menambah kemeriahan makan.

  • Makanan Khas Minang Rendang

Kelezatan rendang sudah tidak bisa diragukan lagi. Bahkan CNN telah menobatkan makanan ini sebagai makanan terenak di dunia. Cita rasanya yang gurih, kental, dan sedikit pedas ternyata juga disukai oleh warga mancanegara.

Rendang, merupakan daging sapi yang dimasak dengan berbagai macam kombinasi bumbu dan rempah. Memasak rendang membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan bisa sampai 8 jam agar rendang benar-benar matang dan bumbunya meresap.

  • Makanan Khas Minang Sate Padang

Siapa yang tidak kenal dengan sate Padang? Di Indonesia terdapat berbagai macam sate. Salah satu jenis sate yang paling terkenal adalah sate Padang. Sate Padang terbuat dari daging sapi yang ditusuk lalu dibakar.

Tidak hanya daging sapi saja, biasanya juga dicampur dengan lidah atau jerohan sapi. Setelah matang, sate akan disiram dengan bumbu kuning khas Padang. Cita rasa dari sate Padang memilki wangi rempah yang kuat.

  • Lontong Sayur

Makanan satu ini snagat familiar dihidangkan saat lebaran. Lontong sayur merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras dan dikukus menggunakan daun pisang. Lontong berbentuk memanjang dan juga padat. Di Jawa Timur lontong dikonsumsi sebagai pendamping sate ayam, isian gado-gado atau ketoprak.

Di Minang makanan ini dihidangkan menggunakan sayur. Biasanya sayur yang digunakan ada dua jenis, yakni sayur yang pedas dan juga opor ayam. Lontong sayur memiliki rasa yang gurih dan juga sedikit pedas. Rasa sayur yang menggunakan santan berpadu sempurna dengan lontong. Lontong sayur semakin lezat dan nikmat apabila dimakan bersama dengan kerupuk.

  • Soto Padang

Soto merupakan salah satu makanan Indonesia berupa sup yang menggunakan isian daging. Biasanya daging yang digunakan adalah ayam maupun sapi. Padang juga memiliki hidangan soto versinya sendiri.

Masakan Padang terkenal dengan rempah-rempah nya yang banyak. Jika kamu bosan dengan makanan Padang yang cenderung kering, kamu bisa mencoba Soto Padang ini. Hampir sama dengan soto pada umumnya, Soto Padang juga menggunakan bihun dan perkedel kentang sebagai isiannya.

Daging yang digunakan pada Soto Padang umumnya adalah daging sapi. Selain itu kaldu dari Soto Padang ini sangat kental dan memiliki aroma rempah yang khas masakan Minang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top